Pixel Codejatimnow.com

PKS Kota Probolinggo Raih 3 Kursi Dewan, Koalisi dengan PKB di Pilwali?

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Mahfud Hidayatullah
Ketua PKS Kota Probolingo, Syaiful Rohman. (Foto: Mahfud Hidayatullah/jatimnow.com)
Ketua PKS Kota Probolingo, Syaiful Rohman. (Foto: Mahfud Hidayatullah/jatimnow.com)

jatimnow.com - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Probolinggo dalam Pemilu 2024 mampu menaikkan kursinya di DPRD Kota Probolinggo.

Partai PKS memperoleh 3 kursi DPRD untuk periode 2024-2029. Ini meningkat 1 kursi dibandingkan Pemilu 2019 lalu dengan perolehan 2 kursi.

"Alhamdulillah PKS ada penambahan 1 kursi dari Pemilu 2019 lalu yang hanya mendapatkan 2 kursi. Jadk total kursi tahun ini akan menjadi 3 kursi DPRD," kata Ketua PKS Kota Probolinggo, Syaiful Rohman, Selasa (12/3/2024).

Perolehan 3 kursi PKS yakni berada di wilayah Dapil Mayangan, Kanigaran dan Kedopok dari total 5 dapil di Kota Probolinggo.

"Untuk Dapil Wonoasih dan Kademangan PKS belum dapat," tegas Syaiful.

Di sisi lain, Syaiful juga menegaskan, menyikapi penyambutan Pilkada tahun ini pihaknya masih belum menentukan sikap secara resmi. Karena untuk menentukan arah dukungan dan mengusung calon, PKS harus melewati sejumlah mekanisme penjaringan nantinya.

Baca juga:
Gerindra Dekati PPP Jajaki Koalisi Pilwali Probolinggo 2024

"Kita tidak ujuk-ujuk untuk bersikap mendukung calon wali kota atau wakil wali kota dalam pilkada," ucapnya.

Memang beberapa waktu lalu partai PKB sudah melakukan silaturrahmi dengan PKS. Namun Syaiful menyebut pertemuan itu hanya seputar silaturahmi biasa pasca pelaksaan pemilu kemarin.

"Bahkan ada juga dari sejumlah partai lain juga sudah menjalin komunikasi, yang jelas PKS saat ini tengah membangun komunikasi dengan lintas partai," ujarnya.

Baca juga:
Ketua DPC Gerindra Ngopi Bareng DPD NasDem Kota Probolinggo, Ini Bocorannya

Namun mengenai arah dukungan koalisi PKS nantinya, Syaiful menegaskan, tetap akan melakukan penjaringan dan akan dilihat melalui hasil kesepakan internal partai.

"Jadi arah politik PKS kemana nantinya masih menunggu itu semua," tandasnya.