Pixel Codejatimnow.com

Kemenkumham Jatim Optimalkan M-Paspor, Tingkatkan Efektivitas Pelayanan

Editor : Yanuar D  
Rapat konsolidasi optimalisasi aplikasi M-Paspor di Kediri. (Foto: Humas Kemenkumham Jatim/jatimnow.com)
Rapat konsolidasi optimalisasi aplikasi M-Paspor di Kediri. (Foto: Humas Kemenkumham Jatim/jatimnow.com)

jatimnow.com - Antusiasme masyarakat dalam mengakses pelayanan paspor yang semakin tinggi direspon positif oleh Kanwil Kemenkumham Jatim. Kepala Divisi Keimigrasian Herdaus mengatakan bahwa pihaknya akan mengoptimalkan pelayanan paspor di jajarannya.

Hal itu disampaikan Herdaus saat memimpin rapat konsolidasi optimalisasi aplikasi M-Paspor digelar pada hari Jumat di Hotel Grand Surya Kediri, Jumat (19/4/2024).

"Penggunaan aplikasi M-Paspor sejak tahun 2022 telah membawa kemudahan dalam proses permohonan paspor," ucap Herdaus.

Namun, lanjut Herdaus, masih ditemukan beberapa kendala teknis. Sehingga, pelayanannya masih belum optimal.

"Kami coba berikan alternatif penyelesaian masalahnya, diantaranya ada kemungkinan penambahan kuota permohonan paspor dan pemberian layanan pada hari Sabtu dan Minggu," terangnya.

Baca juga:
Warga Bisa Request Paspor Dikirim Via Pos di Kantor Imigrasi Malang

Selain itu, lanjut Herdaus, terdapat rekomendasi yang akan ditujukan kepada Direktorat Jenderal Imigrasi. Terutama untuk pengembangan aplikasi M-Paspor.

"Juga usulan-usulan terkait percepatan pelayanan, penambahan sumber daya manusia, dan peningkatan sarana prasarana penunjang pelayanan paspor," jelasnya.

Di saat yang sama, setiap kepala kantor imigrasi akan melakukan evaluasi terhadap kemampuan UPT-nya dalam memberikan pelayanan paspor. Baik dari segi sumber daya manusia maupun sarana prasarana yang tersedia.

Baca juga:
Kemenkumham Jatim dan Ditjen AHU Survei Napi Asing Lapas Surabaya

"Pelatihan-pelatihan softskill sangat penting agar pelayanan di lapangan berjalan dengan baik," tuturnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh Kepala Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Imigrasi se-Jawa Timur. Beserta para pejabat yang bertanggung jawab atas pelayanan paspor di masing-masing UPT. Setiap kepala UPT memberikan wawasan dari sudut pandang UPT-nya masing-masing, serta memberikan saran-saran untuk penyelesaian masalah yang dihadapi.