Pixel Codejatimnow.com

Jemaah Hardjo Mislan Asal Ponorogo, Usia 109 Tahun Tetap Semangat Tunaikan Haji

Editor : Endang Pergiwati  Reporter : Ahmad Fauzani
Hardjo Mislan, atau Mbah Hardjo, CJH asal Ponorogo. (Foto: Ahmad Fauzani/jatimnow.com)
Hardjo Mislan, atau Mbah Hardjo, CJH asal Ponorogo. (Foto: Ahmad Fauzani/jatimnow.com)

jatimnow.com - Seorang calon jemaah haji (CJH) asal Ponorogo menginspirasi banyak orang dengan semangatnya yang luar biasa. Hardjo Mislan, yang telah mencapai usia 109 tahun lebih 10 bulan, akan menunaikan ibadah haji.

Hardjo Mislan, yang akrab disapa Mbah Hardjo, adalah warga Desa Bedingin, Kecamatan Sambit, Kabupaten Ponorogo, memang telah berusia lebih dari 1 abad. Namun tubuhnya masih kelihatan sehat dan bugar.

Bahkan saat menerima suntikan vaksin influenza di KBIH Al Haromain, Pondok Pesantren Darul Huda Mayak, Mbah Hardjo tidak memerlukan kursi roda. Didampingi oleh salah satu anaknya, ia bersiap-siap untuk berangkat ke tanah suci.

"Alhamdulillah sehat. Olahraganya senam juga lari cepat. Ke sawah gitu," kata Mbah Hardjo dengan penuh semangat saat diwawancarai pada Selasa (7/5/2024).

Mbah Hardjo memiliki satu harapan sederhana, yaitu untuk menjadi haji mabrur dan kembali dengan selamat.

“Haji mabrur, doakan selamat ya,” ucapnya.

Baca juga:
Tukang Tambal Ban di Pamekasan Naik Haji, Hasil Tabungan Selama 57 Tahun

Putranya, Sirmad, menjelaskan bahwa Mbah Hardjo memiliki keinginan untuk menunaikan haji sejak kembali dari ibadah umrah pada tahun 2017.

"Dia (Mbah Hardjo) ingin haji. Itu yang diucapkan oleh beliau waktu itu. Kami sebagai anak tidak menolak dan mendaftarkannya pada tahun 2019," ungkap Sirmad.

Dikarenakan usianya yang sudah lanjut, Mbah Hardjo masuk dalam daftar jemaah prioritas, sehingga dapat berangkat haji pada tahun 2024.

Baca juga:
Jamaah Haji asal Bojonegoro Meninggal saat Hendak Salat Jumat

"Mbah Hardjo tidak hanya berolahraga, tapi juga menjaga kesehatan dengan baik. Kami mohon doanya untuk kelancaran perjalanan beliau," tambah Sirmad.

Sementara itu, dari Ponorogo akan berangkat 618 jemaah calon haji yang dibagi dalam dua kloter, yaitu kloter 19 dan 20 yang akan berangkat dari Bandara Juanda, Surabaya, pada tanggal 15 Mei 2024.

Kloter 19 akan berangkat pada dini hari sekitar pukul 02.00 WIB, sementara kloter 20 akan berangkat pada pukul 07.00 WIB. Mereka akan berkumpul di asrama haji Sukolilo Surabaya sebelum berangkat ke Arab Saudi pada tanggal 16 Mei 2024.