Pixel Codejatimnow.com

Kisah Haru Paridjan, Buruh Ternak asal Lamongan Naik Haji

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Adyad Ammy Iffansah
Paridjan saat mempersiapkan keberangkatan haji pada Minggu (11/5/2024) besok. (Foto: Adyad Ammy Iffansah/jatimnowm.com)
Paridjan saat mempersiapkan keberangkatan haji pada Minggu (11/5/2024) besok. (Foto: Adyad Ammy Iffansah/jatimnowm.com)

jatimnow.com - Penantian panjang Paridjan (65) seorang buruh ternak asal Lamongan akhirnya terwujud. Belasan tahun menabung, ia kini terdaftar menjadi jamaah calon haji (CJH) 2024.

Daftar pada tahun 2011 silam, Paridjan kini tak kuasa menahan perasaan haru dan bahagianya sebab ia juga bisa menunaikan ibadah haji bersamaan dengan sang istri.

Warga Kelurahan Rangge, Kecamatan/Kabupaten Lamongan ini menanti setidaknya 13 tahun untuk bisa berkunjung ke rumah Allah tersebut.

Paridjan menceritakan bahwa saat mengetahi masuk dalam daftar jamaah haji 2024 ia mengaku terkejut dan serasa tak percaya bisa segera bertemu Ka'bah.

"Persiapan alhamdulillah, cek kesehatan semua sehat saya seneng, daftar 2011 dan diumumkan menjadi jamaah tahun ini saya seneng sekali," bebernya, Sabtu (11/5/2024).

Baca juga:
Tukang Tambal Ban di Pamekasan Naik Haji, Hasil Tabungan Selama 57 Tahun

Bahkan awalnya, ia menyebut cukup khawatir apakah bisa menjadi jamaah haji atau tidak karena terkendala masalah keuangan untuk keperluan pelunasan haj hingga persiapan pra-keberangkatan.

"Uangnya sedikit waktu pelunasan uang habis ya usaha lagi. Semua hasil saya mencari rumput alhamdulillah Allah memberi jalan yang benar yang baik akhirnya bisa melunasi bisa bayar manasik Rp6 juta bayar tes kesehatan bisa melunasi paspor," katanya.

Baca juga:
Jamaah Haji asal Bojonegoro Meninggal saat Hendak Salat Jumat

Kuasa Tuhan dirasakan betul oleh Paridjan. Meski hidup pas-pasan, ia sanggup memenuhi seluruh proses pembayaran hingga biaya tasyakuran hingga uang saku.

"Uangnya pas-pasan, ini juga cari cari buat syukuran buat uang keburuhan rumah selama saya ibadah haji juga uang saku alhamdulillah dikasih jalan gusti Allah," tuturnya.