Pixel Codejatimnow.com

Lagi, Elektabilitas Gus Fawait Lampaui Incumbent di Pilkada Jember 2024

Editor : Zaki Zubaidi  
Salah satu hasil survei Indikator Politik Indonesia.
Salah satu hasil survei Indikator Politik Indonesia.

jatimnow.com - Elektabilitas Muhammad Fawait kembali mengungguli para bakal calon bupati (Bacabup) di Pilkada Jember 2024. Hal ini adalah hasil survei yang dilaksanakan Indikator Politik Indonesia. Hasil serupa juga terjadi pada survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI)

Bawono Kumoro, peneliti Indikator Politik Indonesia, menerangkan kali ini menemukan dalam simulasi tertutup 10 nama Bacabup, elektabilitas tertinggi diperoleh Gus Fawait dengan elektabilitas 36,5 persen.

"Disusul secara berturut-turut di posisi kedua dan ketiga oleh Hendy Siswanto (33,8 persen) dan Faida (19,3 persen)," kata Bawono, Sabtu (18/5/2024).

Sementara itu tujuh lain masih memiliki elektabilitas kurang dari tiga persen. Responden TT/TJ sebesar 5,4 persen.

Kemudian simulasi 8 nama, elektabilitas Gus Fawait juga masih berada di posisi puncak dengan keunggulan tipis atas petahana Hendy Siswanto.

Gus Fawait memeroleh elektabilitas 36,2 persen. Disusul berturut-turut di posisi kedua dan ketiga oleh Hendy Siswanto (34,4 persen) dan Faida (20,8 persen). Nama-nama lain masih memiliki elektabilitas kurang dari dua persen. Responden TT/TJ sebesar 5,2 persen.

Baca juga:
Unipar Jember Siap Support Rencana Gus Fawait Beri Beasiswa Disabilitas

Kemudian saat dilakukan pengerucutan tiga nama bakal calon bupati, yaitu Faida, Hendy Siswanto, dan Gus Fawait juga kembali terjadi persaingan sengit.

Gus Fawait masih tetap unggul di posisi pertama dengan elektabilitas 38,8 persen dengan ditempel ketat oleh Hendy Siswanto di posisi kedua dengan raihan elektabilitas 33,9 persen. Ada pun tingkat elektabilitas mantan bupati Faida 21,6 persen. Responden TT/TJ sebesar 5,7 persen.

Sementara itu, saat dilakukan simulasi head to head antara Hendy Siswanto dan Gus Fawait diperoleh temuan elektabilitas kedua nama itu mengalami lonjakan signifikan.

Baca juga:
6 Partai Non-Parlemen Jember Deklarasi Dukung Gus Fawait Si Anak Desa

"Eleketabilitas Gus Fawait (49,3 persen) masih tetap unggul atas hendy Siswanto (42,9 persen). Responden TT/TJ sebesar 7,8 persen," tegas Bawono.

Juga dalam simulasi head to head antara Faida dan Muhammad Fawait. Elektabilitas 57,2 persen dan elektabilitas Faida 30,2 persen. Responden TT/TJ sebesar 12,5 persen.