Pixel Codejatimnow.com

6 Manfaat Penting Bermain Musik bagi Anak-anak

Editor : Endang Pergiwati  
Ilustrasi. (Foto: gesangmusic.com)
Ilustrasi. (Foto: gesangmusic.com)

jatimnow.com - Bermain musik bukan hanya menyenangkan, tetapi juga memiliki manfaat untuk perkembangan otak maupun fungsi kognitif pada anak-anak. Dampaknya, selain meningkatkan mood atau semangat dan berperan penting dalam membantu anak belajar.

Berikut 7 manfaat penting dari bermain musik bagi anak-anak.

1. Meningkatkan intelligence quotient (IQ)

Gelombang suara mempengaruhi gelombang otak yang kemudian membantu anak untuk mengakses kecerdasannya. Hal ini berkaitan dengan pemahaman yang lebih baik. Dengan demikian paparan suara dan komposisi musik membantu menyalakan gelombang otak, yang pada akhirnya menghasilkan kecerdasan yang lebih tinggi.

Hal ini dibuktikan melalui sebuah penelitian oleh University of Toronto, Kanada. Pada penelitian tersebut, anak akan belajar tentang piano dan vokal selama satu tahun, dan dengan latihan yang konsisten, mengalami peningkatan IQ (kecerdasan intelektual) setinggi tiga poin.

2. Meningkatkan keterampilan membaca

Saat bermain musik, anak harus dapat berkonsentrasi dan membagi fokus. Mereka harus memahami not pada partitur lagu dan menghubungkannya dengan nada. Jika keterampilan ini terus dikembangkan, anak lebih mampu memahami bacaan dengan lebih lancar.

3. Mengembangkan kemampuan berbahasa dan komunikasi

Bermain musik membantu mengembangkan otak kiri yang terkait dengan bahasa dan penalaran. Melalui bernyanyi dan bermain musik, anak akan mengenal lebih banyak kosakata baru dan pengucapannya dengan cara yang menyenangkan. Alhasil, Si Kecil jadi lebih mudah mengkomunikasikan sesuatu melalui kata-kata.

4. Mengasah keterampilan motorik halus

Baca juga:
PamlaX Masuk Dapur Rekaman di Sidoarjo, Musisi Belia Asal Surabaya

Keterampilan motorik halus adalah kemampuan bergerak yang membutuhkan koordinasi dari otot-otot yang lebih kecil. Biasanya gerakan motorik halus melibatkan otot jari tangan atau kaki, seperti mengikat tali sepatu, menggambar, dan melukis.

Berdasarkan sebuah studi, gerakan sederhana seperti tepuk tangan, menari, atau mengayun saat mendengarkan musik dapat meningkatkan keterampilan motorik anak.

Terlebih, jika anak sudah mulai mahir memainkan instrumen seperti gitar atau piano yang membutuhkan koordinasi antara anggota tubuh. Kegiatan ini membuat mereka memahami keterampilan motorik kompleks dengan lebih baik.

5. Anak lebih memahami belajar matematika

Kemampuan akademik dan seni sering kali bertolak belakang. Namun, dengan bermain musik anak dapat meningkatkan keduanya. Saat bermain musik, Si Kecil harus memahami ketukan, mendengarkan nada, dan bermain ritme, yang mana semuanya diukur dalam angka.

Baca juga:
Parade Indonesia Bermusik di Taman Budaya Jatim Suguhkan Beragam Genre 24 Jam

6. Meningkatkan kapasitas memori

Membiasakan anak bermain musik ternyata juga bermanfaat untuk jangka panjang. Seiring bertambahnya usia, hal-hal kecil menjadi lebih mudah dilupakan. Namun, dengan belajar bermain musik, anak dapat meningkatkan keterampilan memori secara efektif di usia muda.

Bermain musik mampu meningkatkan fungsi hippocampus, yaitu bagian dari otak besar yang berperan dalam pembentukan dan pengklasifikasian memori.

Menurut sebuah studi, bermain musik adalah cara yang baik untuk menjaga pikiran tetap tajam dan mempertahankan keterampilan kognitif, bahkan seiring bertambahnya usia.