Pixel Codejatimnow.com

Grebeg Suro 2024 Butuh Dana Rp5,6 M, APBD Ponorogo hanya Kucurkan Rp500 Juta

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Ahmad Fauzani

jatimnow.com - Gawe besar Grebeg Suro 2024 segera digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo pada pertengahan Juni mendatang. Event tahunan ini bakal digelar dengan dana minim dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Kemampuan APBD tak sampai Rp500 juta. Sementara dana yang diperlukan lebih dari Rp5 miliar. Lalu dari mana dana untuk menutupinya?

Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, membebernya saat konferensi pers Grebeg Suro 2024 di Pendopo Pemkab Ponorogo, Selasa (28/5/2024) malam.

"Pertama, saya mencoba mengkolaborasikan bersama teman-teman ini (pihak ketiga) dengan semua kekuatan yang ada,” ungkap Sugiri Sancoko.

Dia mengaku mencoba mengorkestrasi berbagai kekuatan yang dimiliki, seperti budaya, agama, alam yang indah, etos kerja, serta sumber daya manusia (SDM).

"Grebeg Suro 2024 ini agak berbeda karena kami (Pemkab Ponorogo) mencoba untuk tidak menggunakan atau membebani APBD,” kata Kang Giri, sapaan akrabnya.


Dia menyebutkan bahwa Grebeg Suro adalah event yang harus dijaga dan dilestarikan. Namun, jika terus-menerus bergantung pada suntikan dana dari APBD, tentu akan kurang baik.

"Budaya bagus, semua keren, tetapi jika menjadi beban bagi APBD tentu saja kurang baik. Grebeg Suro layak dijual,” paparnya.

Baca juga:
33 Acara Grebeg Suro 2024 di Ponorogo, Catat Lur...

Menurutnya, bahwa ada ribuan orang yang terlibat pada event tahunan ini. Oleh karena itu, Pemkab Ponorogo kali bekerja sama dengan pihak ketiga.

"Dengan kerja sama ini, muncul simbiosis mutualisme yang akan memutar roda ekonomi di Bumi Reog,” bebernya.

Kang Giri berharap ini akan menjadi contoh untuk event lainnya. Sehingga, event-event uang digelar yodak sepenuhnya tergantung pada APBD.

Harapannya adalah menjadi model bagi semua event. Dana total Rp5,6 miliar, tetapi dana kami hanya kurang dari Rp500 juta.

Baca juga:
Dua Kuda Balap di Ponorogo Lepas Dari Kandang, Satu Ekor Tewas Tertabrak Mobil

Ditanya mengenai target khusus, Kang Giri menjawab bahwa yang penting adalah lebih baik dari tahun sebelumnya dan menciptakan efek domino dari gelaran Grebeg Suro 2024.

"Pasti ada efek domino. Warung-warung laku, ada parkir, dan lain-lain. Ada perputaran ekonomi yang dihasilkan dari Grebeg Suro,” pungkasnya.