Pixel Codejatimnow.com

Aktivis Fatayat NU Maju Pilkada Jember 2024, Bertekad Perjuangkan Hak Perempuan

Editor : Yanuar D  Reporter : Sugianto
Potret aktivis Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Timur, Luluk Mashluchah. (Foto: Sugianto/jatimnow.com)
Potret aktivis Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Timur, Luluk Mashluchah. (Foto: Sugianto/jatimnow.com)

jatimnow.com - Bertekad untuk memperjuangkan hak-hak perempuan, aktivis Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Timur, Luluk Mashluchah maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jember 2024.

Perempuan yang akrab disapa Luluk mengaku, akan mengikuti kontestasi Pilkada 2024 mendatang, dengan mencalonkan diri sebagai Bakal Calon Wakil Bupati (Bacawabup) Jember. Karena menurutnya, jumlah perempuan di Jember bisa dikatakan 4 dibanding 1.

"Ini seharusnya perempuan pilih perempuan. Dijamin seribu persen jika perempuan diberi panggung akan memperjuangkan perempuan untuk mendapatkan hak-haknya," katanya, saat ditemui sejumlah wartawan, Sabtu (1/6/2024).

Luluk menyampaikan, keterwakilan perempuan sementara hanya 30 persen, padahal jumlah perempuan dimanapun sangat banyak. 

"Kenapa kok hanya 30 persen, berarti masih ada pandangan bahwa perempuan itu lemah. Perempuan tidak mampu menjadi leader dimata masyarakat, ini yang perlu dibuka," tegasnya. 

Menurut Luluk perempuan memiliki banyak peran dan fungsi, selain domestik juga bisa menjadi seorang bapak dan ibu, aktif di organisasi dan sebagainya. 

Baca juga:
6 Partai Non-Parlemen Jember Deklarasi Dukung Gus Fawait Si Anak Desa

"Paling tidak ada kesetaraan, kalau hanya 50 persen itu belum setara, karena jumlahnya lebih banyak perempuan," tutur perempuan asal Desa Ajung, Kecamatan Ajung.

Di samping itu, adanya kesenjangan di bidang pendidikan, antara sekolah umum dengan madrasah juga perlu diperjuangkan.

"Ini juga perlu diperjuangkan, apalagi di Jember banyak pondok pesantren dan pendidikan Qur’an yang membutuhkan peran pemerintah," ungkapnya. 

Baca juga:
Arum Sabil Yakin Gus Fawait Bisa Gaet Tambahan Anggaran Pusat untuk Jember

Untuk itu, ia berharap pasangan yang akan duet dalam Pilkada Jember memiliki visi misi yang sama. 

Untuk mewujudkan tekadnya Luluk telah mendaftar di Partai Nasdem. Dia optimis mendapat rekom maju dalam Pilkada, November mendatang.