Pixel Codejatimnow.com

FAJI Jember Gelar Lomba Arung Jeram, Persiapan Porprov Jatim 2025

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Sugianto
Peserta arung jeram berlomba di DAM Talang Jenggawah. (Foto: Sugianto/jatimnow.com)
Peserta arung jeram berlomba di DAM Talang Jenggawah. (Foto: Sugianto/jatimnow.com)

jatimnow - Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Jember menggelar lomba arung jeram yang dilaksanakan di Dam Talang, Desa/Kecamatan Jenggawah, Kabupaten Jember, Sabtu dan Minggu (1-2/6/2024).

Kegiatan ini dilaksanakan untuk persiapan menghadapi Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) IX di Malang Raya 2025 mendatang.

"Target kegiatan lomba ini, mempersiapkan atlet-atlet menghadapi Porprov IX di Malang Raya," kata Ketua FAJI Jember, Mulyadib Eko Purnomo, Sabtu (1/6/2024).

Mulyadib menyebut, ada 6 tim dari Kabupaten Jember yang akan mengikuti Porprov di Malang Raya, dari tim Jember 1 dan Jember 2 dan sudah lakukan sprint.

"Tapi untuk nanti, kita berangkatkan untuk Puslatda persiapan PON Aceh ada 4 tim, 2 tim putri dan 2 tim putra," bebernya.

Untuk peserta lomba Arung Jeram kali ini, total 72 atlet yang berasal dari Jember, Banyuwangi dan Bondowoso. Rata-rata peserta dari kalangan pelajar tingkat SMA, Mahasiswa maupun umum.

Kategori yang dilombakan 1 - 2 Mei 2024 kali ini, yakni kategori sprint dan head to head dengan waktu tercepat.

"Jarak 150 meter dua kali, sesuai regulasi FAJI dan internasional," sebut Mulyadib.

Baca juga:
Sungai di Jember Bakal Dijadikan Venue Arung Jeram, Berikut Nilai Positifnya

Menurut dia, venue DAM Talang sudah layak untuk pertandingan tingkat provinsi.

Sementara, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Raga Kabupaten Jember, Edy Budi Susilo mengatakan, perlombaan kali ini juga sinergi dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan serta Dinas Koperasi.

"Tentu saja ini juga untuk membangkitkan tourism. Memang sengaja ini memilih kelas datar, sprint dan head to head. Ini nanti sama dengan yang dipertandingkan di Porprov, PON dan seterusnya," jelasnya.

Arung Jeram kali ini, sekaligus memantau dan akan memilih mana saja yang bagus. Nanti Cabor dan KONI akan merekrutnya.

Baca juga:
Daftar Juara Lomba Arung Jeram FAJI di Dam Talang Jember

"Kita tunjuk, kita lakukan TC dan mereka yang akan kita kirim untuk melaksanakan Porprov berikutnya di Malang Raya," urai Edy.

Kadispora menyatakan, adanya venue di DAM Talang ini informasi didapat sangat layak dan FAJI Jawa Timur hadir meninjau lokasi ini.

"Kala digunakan perlombaan setingkat Porprov biasa tim teknis terlebih dahulu meninjau venue, untuk memastikan layak atau tidaknya," pungkasnya.