Pixel Codejatimnow.com

Sungai di Jember Bakal Dijadikan Venue Arung Jeram, Berikut Nilai Positifnya

Editor : Endang Pergiwati  Reporter : Sugianto
Sungai DAM Talang dijadikan venue arung jeram, (Foto: Sugianto/jatimnow.com)
Sungai DAM Talang dijadikan venue arung jeram, (Foto: Sugianto/jatimnow.com)

jatimnow.com - Sungai di Jember dijadikan venue olah raga arung jeram. Ini karena ada banyak sisi positif dari pencanangan sungai sebagai venue arung jeram.

Menurut Ketua Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Jember, Mulyadib Eko Purnomo menyampaikan, ada banyak sisi positif bila sungai dijadikan venue arung jeram. Seperti Sungai Bondoyudo, Bedadung, Mayang dan lainnya, sangat strategis bila dikembangkan dan memiliki nilai manfaat.

"Ada 4 item yang dikedepankan dalam pencanangan ini, yaitu sport, hiburan, wisata dan konservasi sumber daya air," katanya, Senin (3/6/2024).

Selain itu, sungai yang dijadikan venue arung jeram juga bisa dijadikan basecamp para atlet, menciptakan UMKM dan perekonomian berputar.

"Kedepan, harapan kita ekonomi masyarakat berkembang. Tanaman kanan kiri sungai bisa kita berdayakan," ujar Mulyadib.

Baca juga:
Daftar Juara Lomba Arung Jeram FAJI di Dam Talang Jember

Asisten 3 Pemerintah Kabupaten Jember, Harry Agustriono juga menambahkan, adanya sungai yang dijadikan tempat arung jeram salah satu peningkatan prestasi cabor.

"Tempatnya juga mendukung dan mudah-mudahan lahir generasi baru," ungkapnya.

Harry menyampaikan, sungai dijadikan venue arung jeram bisa dijadikan tempat wisata, hiburan, tontonan, olahraga, ekonomi, wahana wisata dan lainnya.

Baca juga:
FAJI Jember Gelar Lomba Arung Jeram, Persiapan Porprov Jatim 2025

Tidak hanya itu, sungai akan bersih dan terbebas dari sampah, hingga mengedukasi masyarakat untuk menjaga kebersihan sungai.