Pixel Codejatimnow.com

Ayam Ukep Gepuk Sambal Ijo Banyuwangi di Tulangan Sidoarjo, Pedasnya Nagih

Editor : Endang Pergiwati  Reporter : Ahaddiini HM
Ayam Ungkep Gepuk Sambal Hijau Banyuwangi di Warung Animo Desa Modong Tulangan Sidoarjo. (Foto: Ahaddiini HM/jatimnow.com).
Ayam Ungkep Gepuk Sambal Hijau Banyuwangi di Warung Animo Desa Modong Tulangan Sidoarjo. (Foto: Ahaddiini HM/jatimnow.com).

jatimnow.com - Banyuwangi terkenal dengan menu makanan khas super pedas yang istimewa. Kelezatan makanan khas Banyuwangi ini juga dapat anda temui di Warung Animo, Desa Modong, Tulangan Sidoarjo. Di kedai ini, tersedia menu Ayam Ukep Gepuk dengan sambal rawit hijau yang super pedas khas Banyuwangi.

Pemilik Warung Animo, Erwin Novarida Mastiti menjelaskan, ciri khas ayam ukep buatannya adalah cabai khas Banyuwangi yang digunakannya.

"Kami menggunakan cabai khas Banyuwangi, jadi lebih nendang pedasnya," ucapnya, Minggu (9/6/2024).

Selain empuk, Ayam Ukep Gepuk di Warung Animo, ukurannya cukup besar. Bumbu rempahnya juga sangat meresap karena proses memasak melalui beberapa tahapan.

"Pertama kita giling bumbu rempah yang terdiri dari kunyit, daun jeruk, bawang merah, dan bawang putih. Setelah halus, masukan bumbu ke wajan, beri air secukupnya. Lalu masukan ayam yang sudah dicuci bersih, masukan serai dan lengkuas. Aduk hingga merata dan seluruh ayam terendam bumbu, baru kita nyalakan kompornya," jelasnya.

Baca juga:
Mencicipi Gurih Pedasnya Bekicot Rica-rica di Lamongan

Ia melanjutkan, ayam kemudian diukep selama 1 jam, kemudian matikan kompor dan ayam dibalik agar bumbu merata dan meresap. Diamkan selama 1 jam.

Setelah itu, goreng ayam menggunakan minyak panas, agar matang merata dan renyah. Baru disajikan dengan sambal ijo khas Banyuwangi.

"Diukep agar bumbunya meresap dan teksturnya lembut. Resepnya turun temurun dari keluarga. Kenapa disebut ayam gepuk karena penyajianya kita gepuk-gepuk dulu," terang Novarida.

Baca juga:
Festival Tumpeng Kue Klepon di Jember ke-117, Ini Filosofinya

Dalam sehari, Novarida bisa menjual sekitar 5 kilogram Ayam Ukep Gepuk. Namun saat akhir pekan, ia bisa menghabiskan sebanyak 20 kilogram ayam dalam waktu 3 hari.

"Harganya 1 porsi ayam ukep gepuk disini mulai dari Rp25 ribu hingga Rp30 ribu, tergantung ukurannya, medium atau jumbo," tutupnya.