Pixel Codejatimnow.com

Ratusan Warga Pacitan Bersih-bersih Pantai Pancer Dor

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Ahmad Fauzani
Ratusan warga Pacitan saat membersihkan pesisir Pantai Pancer Dor memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)
Ratusan warga Pacitan saat membersihkan pesisir Pantai Pancer Dor memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

jatimnow.com - Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, ratusan warga dan mahasiswa menggelar aksi bersih-bersih sampah di sepanjang pesisir Pantai Pancer Dor, Pacitan, pada Selasa (11/6/2024).

Pantai Pancer Dor dipilih sebagai lokasi aksi karena pantai ini merupakan salah satu pantai andalan wisata di Pacitan dan bersentuhan langsung dengan Sungai Grindulu, yang merupakan sungai terbesar di Kabupaten Pacitan.

Aksi bersih-bersih sampah ini melibatkan berbagai kalangan, mulai dari pelajar, mahasiswa, komunitas, hingga Aparatur Sipil Negara (ASN).

Setiap sampah yang berhasil dikumpulkan oleh peserta akan dimasukkan ke dalam kantong plastik yang disediakan panitia, kemudian ditimbang untuk ditukarkan dengan hadiah.

Baca juga:
Cara HCML Jaga Konservasi Alam di Jawa Timur

Salah satu peserta, Sigit Wahyudi, mengungkapkan keikutsertaannya dalam acara tersebut karena prihatin dengan banyaknya sampah plastik dan pampers yang mencemari pantai dan sungai.

"Menurutnya, kebersihan pantai dan lingkungan adalah tanggung jawab bersama,” katanya, Selasa (11/6/2024).

Baca juga:
Pembina Terbaik Tingkat Provinsi Jatim, Mas Ipin: Adipura Desa Terbukti sebagai Embrio Proklim

Anang Sukamto, seorang penggiat lingkungan, menjelaskan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan pantai dan lingkungan sekitar.

“Dengan kerja sama dan partisipasi aktif dari berbagai pihak, diharapkan Pantai Pancer Dor tetap menjadi destinasi wisata yang bersih dan indah,” pungkasnya.