Pixel Code jatimnow.com

Pendaftaran Pantarlih Tulungagung Dibuka Hari ini, Apa Sih Tugasnya?

Editor : Endang Pergiwati   Reporter : Bramanta Pamungkas
Kordiv Perencanaan, Data dan Informasi KPU Tulungagung, Dewa Aditya. (Foto: Bramanta Pamungkas/jatimnow.com).
Kordiv Perencanaan, Data dan Informasi KPU Tulungagung, Dewa Aditya. (Foto: Bramanta Pamungkas/jatimnow.com).

jatimnow.com - Pendaftaran Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) resmi dibuka hari ini. Proses pendaftaran berlangsung di setiap desa hingga 19 Juni mendatang.

Petugas Pantarlih tersebut akan bekerja melakukan verifikasi data pemilih untuk Pilkada dan Pilgub. Mereka dikontrak selama 1 bulan dan mulai bekerja pada 24 Juni - 25 Juli mendatang.

Koordinator Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Tulungagung, Dewa Aditya mengatakan tugas Pantarlih ini melakukan pengecekan dan verifikasi Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) hasil sinkronisasi, sebelumnya yang dilakukan KPU RI dan Kemendagri.

"Secara berjenjang data ini diturunkan hingga KPU Kabupaten dan disinkronkan dengan Dispendukcapil juga," ujarnya, Kamis (13/06/2024).

Untuk wilayah Tulungagung, totap DP4 hasil sinkronisasi sebanyak 875.182 pemilih. Dibanding DPT pada Pemilu 2024 lalu, jumlah tersebut bertambah sebanyak 17 ribu pemilih. Jumlah DPT di Tulungagung di Pemilu 2024 sebanyak 858.803 pemilih. Tambahan pemilih berasal dari perpindahan penduduk serta warga yang berpotensi memilih pada Pilkada dan Pilgub.

Baca juga:
Pelaksanaan Coklit di Tulungagung Capai 55 Persen, Pantarlih Temukan Kejanggalan

"Dibanding DPT Pemilu jumlahnya lebih banyak, karena ada perpindahan penduduk serta pemilih potensial lain," tuturnya.

Untuk keperluan verifikasi data ini, KPU Tulungagung membutuhkan sebanyak 3.195 petugas Pantarlih. Mereka akan melakukan verifikasi di setiap desa berdasarkan pemetaan TPS. Jumlah TPS untuk keperluan Pilkada dan Pilgub di Tulungagung sebanyak 1.617 TPS.

Baca juga:
36 Ribu Pemilih di Tulungagung Sudah Dicoklit di Hari Pertama

"Nantinya untuk TPS dengan jumlah pemilih dibawah 400 ada satu petugas pantarlih, tapi jika jumlah pemilih diatas 400 ada dua petugas pantarlih," pungkasnya.