Pixel Code jatimnow.com

Pelayanan Keimigrasian 4 Kloter Jamaah Haji Debarkasi Surabaya Berjalan Lancar

Editor : Endang Pergiwati  
Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim, Heni Yuwono. (Foto: Humas Kemenkumham Jatim for jatimnow.com)
Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim, Heni Yuwono. (Foto: Humas Kemenkumham Jatim for jatimnow.com)

jatimnow.com - Permasalahan server Pusat Data Nasional (PDN) Kementerian Kominfo yang sempat terjadi tak mempengaruhi pelayanan keimigrasian bagi jamaah haji debarkasi Surabaya.

Pemberian tanda masuk kepada 4 kloter pertama yang berisikan 1.461 jamaah haji dan 20 petugas kloter berjalan lancar.

"Pelayanan Keimigrasian untuk Jamaah Haji debarkasi Surabaya telah dilaksanakan sejak Sabtu (22/6/2024) sore dengan baik dan lancar," ujar Kakanwil Kemenkumham Jatim, Heni Yuwono, Minggu (23/6/2024).

Heni menjelaskan Satgas Haji 2024 Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya membentuk enam unit pelayanan.

"Masing-masing beranggotakan sembilan orang petugas imigrasi," urai Heni.

Pada hari Sabtu-Minggu, lanjut Heni, piket dimulai dari Unit B. Tim yang dipimpin oleh Yudhistira Yudha Permana tersebut telah memberikan tanda masuk pada kloter 1-4.

Baca juga:
BHP Surabaya Tekankan Pentingnya Pengecekan dan Pendaftaran Wasiat dalam Waris

"Semua jamaah haji asal Bojonegoro, hingga Laporan ini dibuat sudah 1.481 Jamaah yang pulang melalui debarkasi Surabaya," urai Heni.

Heni menjelaskan, sebagai bentuk transparansi, statistik pelayanan haji 2024 embarkasi/ debarkasi Surabaya dapat dipantau melalui https://adhaji.imisurabaya.id/. Terkait permasalahan server PDN yang sempat terjadi, Heni menjelaskan bahwa kendala server sudah berhasil diatasi.

"Untuk masalah server, saat ini sudah normal, pelayanan keimigrasian baik di tempat pemeriksaan imigrasi (TPI) di Junda maupun kantor imigrasi juga telah berjalan tanpa kendala," tutur Heni.

Baca juga:
Kemenkumham Jatim dan BHP Sosialisasikan Wasiat dalam Hukum Waris di Pasuruan

Kelompok terbang (kloter) pertama Debarkasi Surabaya mendarat di Bandar Udara Internasional Juanda pada Sabtu (22/6) malam pukul 20.15 WIB atau lebih cepat 50 menit dari jadwal aslinya. Dilanjutkan dengan naik bus Damri, para jemaah haji asal Kabupaten Bojonegoro ini tiba di Asrama Haji Surabaya pada pukul 21. 40 WIB.

Para jemaah ini berangkat dari Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah pada pukul 03.15 WAS dini hari dan transit terlebih dahulu di Bandara Kualanamu, Sumatra Utara pada pukul 16.15 WIB untuk mengisi bahan bakar, sebelum melanjutkan perjalanan ke Bandara Juanda pada pukul 17.45 WIB.

Debarkasi Surabaya rencananya akan menerima kepulangan jamaah haji sebanyak 106 kloter pada tahun 2024. Total 39.226 jemaah, yang mana setiap kloternya terdiri dari 371 orang dengan komposisi 366 Jemaah haji dan 5 petugas kloter.