Pixel Code jatimnow.com

Jamaah Haji Bangkalan Meninggal, Diduga Alami Sesak Nafas

Editor : Endang Pergiwati   Reporter : Fathor Rahman
Ilustrasi. (dok jatimnow.com)
Ilustrasi. (dok jatimnow.com)

jatimnow.com - Salah satu jamaah haji asal Kabupaten Bangkalan meninggal dunia. Diduga, jamaah tersebut mengalami sesak nafas saat beribadah haji.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Bangkalan, Arif Rochman mengatakan, jamaah yang meninggal, yakni Daniar Sukmawati. Ia mengatakan, almarhumah merupakan jamaah haji plus yang menggunakan travel asal Jakarta.

"Sehingga tidak terdata kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH) Bangkalan karena menggunakan jasa travel Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) Jakarta," Jelasnya, Senin (24/6).

Ia juga mengatakan, pemberangkatan almarhumah tidak melalui instansinya. Namun, melalui travel biro perjalanan haji khusus. Sehingga, pengawasannya bukan dari petugas haji Bangkalan.

Baca juga:
Pelayanan Keimigrasian 4 Kloter Jamaah Haji Debarkasi Surabaya Berjalan Lancar

"Informasinya melalui jalur PIHK sehingga nanti laporannya langsung ke Kemenag pusat tidak melalui kami," imbuhnya.

Arif juga menyebutkan, almarhumah diduga meninggal akibat sesak nafas. Saat ini pihaknya juga belum mengetahui perkembangan pemulangan jenazah tersebut.

Baca juga:
370 Jamaah Haji Kloter I Debarkasi Jatim Telah Tiba di Bandara Juanda Sidoarjo

Selain itu, ia juga mengatakan saat ini terdapat 4 jemaah haji reguler yang sakit. Rata-rata sakit dialami oleh lansia akibat cuaca panas di Arab Saudi cukup ektrem.

"Iya rata-rata lansia, ada yang liver, prostat juga," pungkasnya.