Pixel Code jatimnow.com

10 Rekomendasi Destinasi Wisata Gratis di Surabaya

Editor : Zaki Zubaidi   Reporter : Ni'am Kurniawan
Jembatan Suroboyo. (Foto: dok. jatimnow.com)
Jembatan Suroboyo. (Foto: dok. jatimnow.com)

jatimnow.com - Libur sekolah telah tiba, saatnya anak-anak menagih waktu berlibur. Namun tenang saja, bagi para orang tua yang tak memiliki waktu panjang keluar Kota Surabaya, ada 10 destinasi wisata ini bisa menjadi referensi yang praktis dan ekonomis.

Berikut 10 rekomendasi wisata yang bisa dinikmati secara gratis:

1. Kebun Bibit Wonorejo

Tempat wisata ini merupakan taman kota yang asri dan sejuk di tengah hiruk pikuk Surabaya. Taman ini menawarkan suasana yang tenang dan rindang, dengan danau yang indah untuk bersantai. Pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang menawan.

Selain itu, Kebun Bibit Wonorejo juga dilengkapi dengan area bermain anak-anak, sehingga menjadi pilihan tepat untuk berwisata bersama keluarga. Taman ini terletak di Jalan Raya Kendalsari Nomor 70, Wonorejo, Kecamatan Rungkut dan buka setiap hari pukul 08.00 - 17.00 WIB.

2. Taman Harmoni

Berada di kawasan Keputih, Taman Harmoni menjadi salah satu primadona ruang publik di Surabaya. Taman ini menawarkan suasana teduh dan asri, dihiasi dengan berbagai jenis bunga dan pepohonan yang rindang. Pengunjung dapat bersantai di bawah naungan pepohonan, menikmati semilir angin segar, dan melupakan hiruk pikuk kota sejenak.

Taman Harmoni menjadi tempat yang ideal untuk melepas penat di pagi dan sore hari. Suasana yang tenang dan asri, dipadukan dengan udara segar, menjadikan taman ini sebagai pilihan tepat untuk bersantai bersama keluarga, teman, ataupun pasangan.

Taman ini mudah diakses, terletak di Jalan Keputih Tegal Timur II Nomor 249, Keputih, Kecamatan Sukolilo. Buka setiap hari dari pukul 06 hingga 18.00 WIB, Taman Harmoni siap menyambut para pengunjung yang ingin mencari ketenangan di tengah keramaian kota.

3. Museum Surabaya

Berdiri kokoh sejak tahun 1877, Museum Surabaya di Gedung Siola mengundang para pengunjung untuk menyelami kekayaan sejarah Kota Pahlawan. Koleksi benda-benda bersejarah, seperti becak, pakaian adat, wayang, dan replika rumah kuno, siap membawa detikers kembali ke masa lampau.

Lebih dari itu, temukan pula dokumen-dokumen berbahasa Belanda yang menyimpan kisah dan informasi menarik tentang Surabaya. Museum Surabaya buka setiap hari Selasa-Minggu, dari pukul 09.00-21.00 WIB. Museum bersejarah ini beralamat lengkap di Gedung Siola, Jalan Tunjungan, Nomor 1, Genteng.

4. Taman Bungkul

Taman Bungkul berlokasi di Darmo, Kecamatan Wonokromo, Surabaya. Taman yang memiliki sejuta kenangan warga yang tinggal di Kota Pahlawan ini menjadi tempat nongkrong yang asyik, lokasinya ada di bagian belakang taman. Semakin menarik dengan adanya wisata religi.

Di sana warga juga bisa menikmati beraneka makanan di sentra wisata kulinernya. Mulai dari jajanan, makanan berat, aneka minuman, hingga jasa pijat capek bagi mereka yang lelah berkeliling Taman Bungkul.

5. Jembatan Sawunggaling

Jembatan ini berlokasi di Jalan Pulo Tegalsari, Wonokromo, Surabaya. Jembatan yang diresmikan pada era Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi ini menjadi spot tambahan warga setempat menikmati malam pergantian tahun.

Suasananya cukup syahdu sebagai tempat nongkrong dengan teman atau sahabat. Gemerlap lampu dan air mancur warna-warni menambahkan suasana berfoto semakin estetik.

6. Jembatan Suroboyo

Baca juga:
Jadwal SIM Keliling di Surabaya 19 - 20 Juli 2024, Cek Lokasinya

Jembatan Suroboyo menghubungkan kawasan pesisir Kenjeran dengan panjang 800 meter. Jembatan ini kerap dikunjungi saat malam tahun baru.

Memiliki satu spot menarik yaitu air mancur menari yang dilengkapi dengan nyala lampu. Lokasi ini semakin cantik dengan adanya pesta kembang api di malam tahun baru.

7. Taman Apsari

Lokasinya berada di Jalan Gubernur Suryo, persis di depan Gedung Negara Grahadi. Taman yang telah direnovasi pada Oktober 2023 ini kini menjadi jujugan anak muda untuk nongkrong.

Pada bagian belakang taman, banyak berjajar jajanan. Mulai dari makanan berat hingga ringan. Tak kalah penting, berjajar aneka kafe yang seringkali buka hingga pagi hari. Semakin menjadi referensi begadang menikmati pergantian tahun, bukan?

8. G-Walk

G-Walk menjadi tempat nongkrong di mana menyajikan aneka kuliner yang beragam. Mengutip instagram resminya, di kawasan ini terdapat seafood, burger, sushi, ice cream hingga coffee shop.

Nah, untuk yang ingin mengisi malam tahun baru dengan kulineran, tempat ini pasti cocok!

Lokasinya di G Walk Citraland, Ruko Taman Gapura, Jl. Niaga Gapura No.14, Lidah Kulon, Kecamatan Lakarsantri, Surabaya, Jawa Timur.

9. Jalan Tunjungan

Baca juga:
Mencari Pemimpin Millenial untuk Surabaya

Kawasan destinasi wisata layaknya Malioboro, Yogyakarta ini juga bisa menjadi referensi untuk merayakan malam pergantian tahun 2024.

Banyak kafe dan spot kuliner. Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) hingga brand ternama, seperti Gildak, Iki Wae, Traffic Bun, Alltime Buns, Chacha Burgo, Ludic, Yuba Tea, bisa dijumpai.

Kerlap-kerlip lampu, pertunjukan seni, dan kuliner merupakan perpaduan yang pas untuk menghabiskan waktu bersama pasangan di sini.

10. Taman Flora

Taman yang satu ini merupakan fasilitas umum yang dibangun Pemkot Surabaya untuk memfasilitasi warganya dengan sarana hiburan dan rekreasi keluarga. Anak-anak dapat belajar mengenai berbagai jenis tumbuhan dan hewan yang ada di taman tersebut.

Taman Flora sendiri dahulu bernama Kebun Bibit karena memang fungsinya sebagai tempat pembibitan di Surabaya. Setelah dialihfungsikan menjadi taman kota, lokasi pembibitan dipindahkan ke Taman Bibit Wonorejo.

Berkunjung di taman yang rindang ini, Anda dapat menikmati beragam jenis tanaman seperti umbi-umbian, pandanus, kana, tanaman teh-tehan, gandarusa, spider, matoa, beringin dan lain sebagainya.

Koleksi fauna dari taman di Surabaya yang satu ini juga cukup beragam seperti rusa yang ditempatkan di kandang yang cukup luas. Pengunjung, terutama anak-anak dapat memberi makan wortel.

Taman Flora juga memiliki koleksi unggas yang bervariasi karena memiliki penangkaran burung yang cukup luas. Beraneka jenis unggas seperti burung kasuari, kalkun, kakatua maupun si cantik burung merak memadati taman Flora ini

PKS Resmi Mendukung Jimad di Pilkada Sampang
Jatim Memilih, Politik

PKS Resmi Mendukung Jimad di Pilkada Sampang

“Kami optimis, nantinya pasangan yang kami usung ini mampu meneruskan dan memajukan Sampang dan melanjutkan kerja sama,” jelas Kang Irwan.