Pixel Code jatimnow.com

Peringati Bulan Bung Karno, Ribuan Kader dan Alumni GMNI Jateng Ziarah ke Blitar

Editor : Yanuar D   Reporter : Bramanta Pamungkas
Ketua DPD PA GMNI Jawa Tengah, Bambang Wuryanto saat memberi sambutan dalam kegiatan ziarah akbar di Makam Bung Karno. (Dok. DPD PA GMNI)
Ketua DPD PA GMNI Jawa Tengah, Bambang Wuryanto saat memberi sambutan dalam kegiatan ziarah akbar di Makam Bung Karno. (Dok. DPD PA GMNI)

jatimnow.com - Dewan Pengurus Daerah (DPD) Persatuan Alumni (PA) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Jawa Tengah, menggelar ziarah akbar ke Makam Bung Karno, di Kelurahan Bendogerot, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar.

Ziarah ini digelar dalam rangka menyambut peringatan bulan Bung Karno. Mereka mengajak kader dan alumni GMNI melaksanakan ziarah yang bertajuk “Ziarah 1.500 Kader dan Alumni GMNI Jawa Tengah”.

Ketua Harian DPD PA GMNI Jawa Tengah, Abang Baginda mengatakan,  bulan Juni merupakan bulan penting bagi kaum Nasionalis. Dimana 1 Juni ditetapkan sebagai Hari Lahir Pancasila, 6 Juni merupakan hari kelahiran Bung Karno, dan 21 Juni hari dimana sang proklamator wafat dan dimakamkan di Blitar.

“Selain memperingati bulan Bung Karno, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk internalisasi ajaran-ajaran Bung Karno, serta mensolidkan seluruh kader dan alumni GMNI,” ujarnya, Sabtu (29/6/2024).

Sejumlah tokoh hadir dalam kegiatan ini. Di antaranya Prof Dr Arief Hidayat yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPP PA GMNI, dan Ketua DPD PA GMNI Jawa Tengah, Bambang Wuryanto. 

Baca juga:
3000 Mahasiswa Singgung Politik Dinasti di Untag Surabaya

Tidak hanya kader dan alumni GMNI asal Jawa Tengah, banyak kader dan Alumni dari Jawa Timur, Jawa Barat, DI Yogyakarta, dan DKI Jakarta juga hadir.

Abang Baginda menambahkan, Bung Karno melalui pergulatan pemikiran dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia telah memulai membangun suatu ideologi yang menjadi azas perjuangan; yakni Marhaenisme.

“Bung Karno yang merupakan Konseptor Pancasila sebagai Dasar Negara akan benar-benar menjadi idelogi yang dinamis bagi bangsa Indonesia apabila dibaca dan dipahami dalam keseluruhan konteks pidato dan tulisan Bung Karno, terkhusus pidato pada Sidang BPUPKI 1 Juni 1945.,” imbuhnya.

Baca juga:
Ratusan Mahasiswa Geruduk Kantor Pemkab Bangkalan, Ini Tuntutannya

Sebagai bentuk dedikasi dan penghormatan mereka  melakukan ziarah ke Makam Bung Karno untuk membangun kembali spirit Ideologi Pancasila dalam semangat kebangsaan.

“Kegiatan ini diikuti lebih dari 1.500 Kader dan Alumni GMNI se-Jawa Tengah, dari 34 DPC PA GMNI dan dari luar Jawa Tengah,” pungkasnya.

Cara Menjaga Kesehatan saat Musim Bediding
Gaya Hidup

Cara Menjaga Kesehatan saat Musim Bediding

Perubahan suhu yang ekstrem akibat bediding bisa memicu beberapa masalah kesehatan, mulai tubuh terasa menggigil, asma, alergi, migrain, hingga stres pada tubuh.