Pixel Code jatimnow.com

Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat Serahkan Bantuan RTLH di Lowokwaru

Editor : Yanuar D   Reporter : Gerhana
Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat menyerahkan secara simbolis bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). (Foto-foto: Gerhana/jatimnow.com)
Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat menyerahkan secara simbolis bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). (Foto-foto: Gerhana/jatimnow.com)

jatimnow.com - Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat menyerahkan secara simbolis bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) kepada 8 warga di Kelurahan Tulusrejo, Kecamatan Lowokwaru pada Selasa (2/7/2024). 

Masing-masing penerima mendapatkan bantuan senilai Rp20 juta dari APBD Pemkot Malang tahun 2024. Pj Wahyu juga meninjau tiga rumah yang sedang direhab di wilayah kelurahan tersebut. 

Pj Wahyu mengatakan, bantuan yang diberikan dalam rangka memberikan kualitas bangunan lebih baik kepada masyarakat. 

Bantuan yang diberikan diarahkan untuk dilakukan rehab yakni pada bagian atap, lantai dan dinding rumah menyesuaikan aturan yang ada. 

"Karena bantuan ini diberikan terkait kesehatan, sehingga harus layak huni, dapat memenuhi unsur kesehatan, agar yang tinggal tidak sakit," kata Pj Wahyu, Selasa (2/7/2024). 

Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat melihat pengerjaan bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat melihat pengerjaan bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Sasaran penerima bantuan ini, di antaranya masyarakat berpenghasilan rendah, bukan rumah kontrakan, dan lainnya.

Pj Wahyu menargetkan, bantuan yang juga diberikan menyeluruh di 5 kecamatan yang ada di Kota Malang dapat tuntas pada Juli ini. 

"Sehingga jangan sampai memasuki musim penghujan, supaya bisa segera ditinggali," jelasnya. 

Baca juga:
Pastikan Stok dan Distribusi Aman, Pj Wali Kota Malang Tinjau Kios Pupuk Bersubsidi

Bantuan ini diberikan dengan leading sector dari DPUPRPKP Kota Malang. Sehingga, setelah bantuan diberikan kepada penerima tetap didampingi oleh Tim Fasilitator Lapangan (TFL) DPUPRPKP Kota Malang. 

"Apabila ingin membelikan bahan bangunan, maka TFL ini yang mengarahkan, termasuk juga TFL ini juga mengarahkan terkait pembangunannya, karena TFL ini mengarahkan terkait pembangunannya," jelasnya.

Saat ini, di Kota Malang terdapat sekitar 1.000 RTLH, dan masih sekitar 100 RTLH yang dibenahi. Dia berharap, ke depan penerima bantuan RTLH dapat meningkat dari tahun ke tahun. Sehingga, jumlah RTLH di Kota Malang dapat semakin berkurang. 

"Kami berharap semakin kesini terkait dengan RTLH ini bisa dapat kita kurangi, agar mereka bisa hidup di rumah yang layak," harapnya. 

Baca juga:
Pj Wali Kota Malang Beri Penghargaan Inovasi Pencegahan Stunting, Ini Daftarnya

Kepala DPUPRPKP Kota Malang, Dandung Julhardjanto mengatakan, total ada 100 warga penerima bantuan RTLH di Kota Malang pada tahun 2024 ini. Diantaranya, di Kecamatan Sukun terdapat 11 penerima, Kecamatan Blimbing terdapat 29 penerima, Kecamatan Klojen terdapat 3 penerima, Kecamatan Kedungkandang terdapat 13 penerima dan Kecamatan Lowokwaru terdapat 44 penerima.

"Kegiatan ini masih berjalan 40-60 persen, berproses, semoga kegiatan ini lancar, dan bisa memberi manfaat," katanya.

Salah satu penerima bantuan RTLH, Harianti (49) mengatakan, proses pengerjaan rehab rumahnya sejak Rabu (26/6/2024). Pengerjaan rehab seperti penggantian atap, pintu keropos dan struktur konstruksi bangunan. 

"Alhamdulillah, sudah punya rencana dari dulu, tapi belum terealisasi, rumah ini sudah 20 tahun, pandemi Covid-19 dulu juga usaha pas-pasan, terus dapat bantuan ini ya bersyukur," tandasnya. (PRKPM)

Cara Menjaga Kesehatan saat Musim Bediding
Gaya Hidup

Cara Menjaga Kesehatan saat Musim Bediding

Perubahan suhu yang ekstrem akibat bediding bisa memicu beberapa masalah kesehatan, mulai tubuh terasa menggigil, asma, alergi, migrain, hingga stres pada tubuh.