Pixel Code jatimnow.com

5 Daftar Bacabup Pilkada Ponorogo, Rematch Ipong Vs Giri?

Editor : Endang Pergiwati   Reporter : Ahmad Fauzani
Bacabup Ponorogo. (Foto: Ahmad Fauzani/jatimnow.com)
Bacabup Ponorogo. (Foto: Ahmad Fauzani/jatimnow.com)

jatimnow.com - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Ponorogo segera digelar November 2024. Pendaftaran Bakal Calon Bupati (Bacabup) pun telah dimulai.

Beberapa partai politik (parpol) di Bumi Reog melakukan pendaftaran secara terbuka, namun ada yang telah menyiapkan calon kepala daerah sendiri.

Incumbent Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko turut meramaikan. Yang menarik, mantan Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni juga mendaftar menjadi bacabup.

Lalu ada 3 penantang baru, yaitu Kepala Desa Purworejo, Didik Subagio, juga ada Muhammad Harun Ar-Rasyid (MHR), dan purnawiran TNI, Brigjend (Purn) drg Zaelani.

Namun dari 5 bacabup, hanya Sugiri Sancoko dan Ipong Muchlissoni mendapatkan surat tugas. Sedangkan 3 lainnya, baru mendaftar ke PKB Ponorogo. Akankah rematch Sugiri Sancoko vs Ipong Muchlissoni?

1. Sugiri Sancoko

Sugiri Sancoko adalah incumbent dalam Pilkada Ponorogo 2024. Dia memenangi Pilkada 2020 bersama Lisdyarita yang menjadi Wakil Bupati Ponorogo.

Pasangan dengan julukan Rilis (Giri-Lisdyarita) ini mendapatkan suara 60 persen lebih pada Pilkada 2020. Padahal partai pengusungnya, termasuk minimalis, hanya 9 kursi di DPRD Ponorogo.

9 kursi itu mematahkan 36 kursi. Lawannya saat itu incumbent Ipong Muchlissoni yang berpasangan dengan Bambang Tri Wahono.

Saat itu Kang Giri berpindah partai. Pilkada 2020, Kang Giri diusung PDI Perjuangan sebagai partai utama. Sebelumnya, Kang Giri tercatat sebagai kader Partai Demokrat.

Pilkada 2024 ini, Kang Giri, sapaan akrab Sugiri Sancoko kembali maju. Keinginannya tetap menggandeng Lisdyarita sebagai wakil bupati.

Pasangan Rilis ini telah bersama-sama mendaftar sebagai Bacabup dan Bacawabup ke berbagai partai politik. Sebut saja PAN, PKB, PDI Perjuangan, dan Partai Demokrat.

Surat rekomendasi pun telah turun dari PAN, PDI Perjuangan dan Partai Demokrat. Akan tetapi, surat tugas itu hanya turun ke Kang Giri, tidak berpasangan dengan Lisdyarita.

Sejatinya, jika surat tugas itu adalah surat rekomendasi, PAN, PDI Perjuangan dan Partai Demokrat cukup kursinya mengusung Kang Giri. Dimana PAN 3 kursi, PDI Perjuangan 7 kurai dan Partai Demokrat 5 kursi.

2. Ipong Muchlissoni

Ipong Muchlissoni is come back Pilkada 2024. Sempat porak poranda Pilkada 2020. Bagaimana tidak, saat Pilkada 2020 lalu hanya mendapatkan suara tak lebih dari 40 persen.

Ipong sendiri sebelum head to head dengan Kang Giri pada 2020 lalu juga pernah bersaing pada Pilkada 2015. Saat Pilkada 2015 lalu, tidak head to head. Ada 4 pasangan bacabup - bacawabup bersaing. Mulai dari Sugiri Sancoko-Sukirno, Amin-Agus,  Misranto-Isnen dan Ipong Muchlissoni - Soedjarno.

Baca juga:
Pensiunan TNI Siap Bersaing dengan Kang Giri Maju Pilkada Ponorogo

Kala itu, pasangan Ipong Muchlissoni-Soedjarno menang sebesar 39,37 persen. Sedangkan pasangan Sugiri Sancoko-Sukirno 36.80 persen.

Dalam Pilkada 2024 ini, Ipong Muchlissoni telah mendapatkan surat rekomendasi dari Partai NasDem.

Tidak hanya Ipong Muchlissoni, juga ada nama baru Segoro Luhur Kusumo Daru mendapatkan surat rekomendasi sebagai wakil bupati membersamai Ipong Muchlissoni.

3. Didik Subagio

Didik Subagio atau biasa disapa Mas Didik Subagio (MDS) merupakan pendatang baru. MDS adalah Kepala Desa Purworejo, Ponorogo.

Kades muda berusia 35 tahun ini mendaftarkan diri sebagai Bacabup PKB Ponorogo. MDS mengklaim tidak hanya mendaftar sebagai bacabup di PKB Ponorogo. Juga telah menjalin komunikasi dengan partai politik (Parpol) lainnya.

MDS sendiri telah menyebar banner mulai 3 tahun lalu. Sehingga dengan mendaftar sebagai bacabup di PKB Ponorogo mempertegas niat untuk maju di kancah Pilkada Ponorogo.

4. Muhammad Harun Ar Rasyid

Bakal Calon Bupati (Bacabup) Ponorogo kini tidak sekedar Sugiri Sancoko dan Ipong Muchlissoni.

Baca juga:
Seruan Dewan Syuro DPC PKB Ponorogo Jelang Pilkada 2024

Ada sosok baru yang mendaftar sebagai Bacabup ke PKB Ponorogo. Ia adalah Muhammad Harun Ar Rasyid (MHR).

MHR mendaftar bacabup ke PKB Ponorogo, Rabu (19/8/2024) siang. Saat mendaftar, MHR diiringi oleh berbagai kesenian.

MHR merupakan pengusaha asal Bogor. Akan tetapi MHR mempunyai keluarga di Ponorogo. Pun doa restu dari para kiai membuat MHR mantab mendaftar sebagai bacabup Ponorogo.

5. Brigjend (purn) drg Zaelani

Selain itu ada pula sosok Brigjend (Purn) drg M. Zaelani. Brigjend (Purn) Zaelani yang merupakan pensiunan tentara.

Dia mendaftar sebagai bakal calon bupati (Bacabup) di Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada gelaran Pilkada 2024. Brigjend (Purn) drg M. Zaelani datang telah secara resmi mendaftar kantor DPC PKB Ponorogo.

Sementara ada beberapa parpol yang belum menentukan pilihan. Seperti PKS yang mempunyai 3 kursi, Partai Gerindra 7 kursi, Partai Golkar 4 kursi dan PPP 1 kursi.

Sementara sejauh ini, PKB belum memberikan sikap, walaupun 5 orang telah mendaftar sebagai bacabup Ponorogo.