Pixel Code jatimnow.com

154 PKL Pasar Loak Dupak Ditertibkan Satpol PP Surabaya, Alasannya Bikin Macet

Editor : Endang Pergiwati   Reporter : Misbahul Munir
Petugas Satpol PP Surabaya saat melakukan penertiban (dok Satpol PP Surabaya for jatimnow.com)
Petugas Satpol PP Surabaya saat melakukan penertiban (dok Satpol PP Surabaya for jatimnow.com)

jatimnow.com - Satpol PP Surabaya melakukan penataan dan penertiban terhadap ratusan Pedagang Kaki Lima (PKL) di Pasar Loak Dupak, Senin (8/7/2024).

Penertiban ini dilakukan lantaran aktivitas para PKL yang membuka lapak sebarangan dipinggir jalan mengganggu mobilitas masyarakat di Jalan Dupak Rukun Surabaya.

Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Ketentraman dan Ketertiban Umum serta Perlindungan Masyarakat Satpol PP Surabaya, Irna Pawanti mengatakan, penataan para PKL di kawasan Pasar Loak Dupak ini merupakan tindak lanjut atas keluhan warga, maupun orang tua para pelajar yang mengeluh selalu terjebak kemacetan yang menyebabkan anak-anaknya terlambat masuk ke sekolah.

“Penataan para PKL ini bersifat urgent (mendesak) karena di Jalan Dupak Rukun ini ada akses masuk bagi anak-anak yang bersekolah di SMPN 42 Surabaya dan SD Negeri Asemrowo. Selama ini mereka terhambat, ada keluhan itu karena macet dan menyebabkan terlambat masuk ke sekolah,” kata Irna.

Selain mengganggu akses jalan menuju ke sekolah, penataan PKL di Jalan Dupak Rukun ini dilakukan karena terdapat beberapa bangunan semi permanen milik para pedagang yang berdiri diatas saluran air.

“Sudah kita lakukan sosialisasi ke 154 pedagang yang berjualan di sini, dan sebelumnya kita juga meminta kepada para pedagang untuk membongkar bangunan mereka, karena itu sudah termasuk bangunan liar diatas saluran. Alhamdulillah mereka kooperatif saat kita lakukan penataan,” jelasnya.

Baca juga:
Satpol PP Surabaya Tertibkan Reklame Bandel, 20 Dibongkar Paksa

Dalam penertiban ini, ungkap Irna pihaknya mengerahkan sebanyak 300 personel gabungan untuk melakukan penertiban. Mulai dari melakukan pembongkaran bangunan yang memakan jalan, hingga melakukan pengerukan saluran air.

“Kita kerahkan 300 personel yang tergabung dari rekan-rekan Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Kesehatan (Dinkes), rekan-rekan dari kecamatan kelurahan Asemrowo, jajaran samping Kodim Utara, Gartap, Polsek Asemrowo serta Polres Tanjung Perak,” paparnya.

Irna melanjutkan, kegiatan penataan tersebut sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Kota Surabaya Nomor 2 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat. Selain itu, penataan para PKL di Pasar Loak Dupak ini, akan dilakukan secara bertahap selama satu pekan ke depan.

Baca juga:
Satpol PP dan BNN Razia Hiburan Malam di Surabaya, 2 Orang Positif Narkoba

“Rencananya, akan kita lakukan normalisasi saluran air ini, nantinya akan dibuatkan jalan alternatif oleh rekan-rekan DSDABM supaya anak-anak bisa lebih leluasa untuk akses ke sekolah mereka. Juga akan dibangun taman-taman di sepanjang jalan menuju ke sekolah,” terangnya.

Lebih lanjut, Satpol PP Surabaya bersama Perusahaan Daerah (PD) Pasar Surya Kota Surabaya akan mengarahkan para pedagang untuk masuk ke dalam stand milik PD Pasar Surya.

“Ini tanah aset milik PD Pasar Surya, selanjutnya akan kita tata kembali didalamnya, sehingga para PKL yang mau menyewa di Pasar Surya akan kami arahkan untuk masuk ke dalam pasar dan akan kita tata bersama-sama,” pungkasnya.