Pixel Code jatimnow.com

KPU Sidoarjo Targetkan Coklit Selesai 17 Juli 2024

Editor : Endang Pergiwati   Reporter : Ahaddiini HM
Komisioner KPU Sidoarjo, Natsiruddin Yahya saat memberikan bimtek ke seluruh Pantarlih Sukodono Sidoarjo. (Foto: Ahaddiini HM/jatimnow.com).
Komisioner KPU Sidoarjo, Natsiruddin Yahya saat memberikan bimtek ke seluruh Pantarlih Sukodono Sidoarjo. (Foto: Ahaddiini HM/jatimnow.com).

jatimnow.com - Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) Sidoarjo masih melakukan verifikasi lapangan dengan pencocokan dan penelitian (coklit) terkait data pemilih.

Komisioner KPU Sidoarjo Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Natsiruddin Yahya mengatakan, kunci sukses penyelenggaraan pemilu, salah satunya adalah data pemilih yang benar dan akurat. Karena hal tersebut berkaitan dengan hak pilih orang lain.

"Kita harus pastikan bahwa setiap warga Sidoarjo tak kehilangan hak pilihnya," ucapnya saat memberikan Bimbingan Teknis dan Evaluasi Pantarlih di Sukodono Sidoarjo, Selasa (9/7/2024).

Baca juga:
KPU Pasuruan Berkomitmen TPS Harus Ramah Disabilitas, Caranya?

Ia menargetkan untuk pengerjaan pemutakhiran data pemilih ini akan selesai pada tanggal 17 Juli 2024. Target ini dapat lebih cepat daripada masa kerja Pantarlih yang selesai pada 24 Juli 2024. Sementara sisa waktu yang ada dapat dipergunakan untuk mengupload data ke web Sidalih.kpi.go.id.

Selain untuk upload, anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) maupun Panitia Pemungutan Suara (PPS) di desa bisa kembali melakukan pemetaan data pemilih. Hal tersebut dilakukan supaya jumlah pemilih tiap TPS tidak melebihi batas yang sudah diatur.

Baca juga:
Pantarlih Bangkalan Lakukan Coklit, Sasar Pemilih Pemula dan Disabilitas

"Perlu dilakukan agar satu TPS tertentu tidak melebihi jumlah pemilih maksimal, yakni 600 pemilih," pungkasnya.