Menegangkan! Cerita Penangkapan Penembak Mobil Pejabat Kota Surabaya

Editor: Narendra Bakrie Budi Sugiharto / Reporter:

jatimnow.com - Tidak mudah bagi polisi untuk menangkap RM, pelaku yang membabi buta menembaki mobil milik pejabat Pemkot Surabaya.

Setelah memberondong mobil milik Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Surabaya Ery Cahyadi, RM memacu mobil Toyota FJ Cruiser yang dikemudikannya berputar-putar dengan tujuan menghilangkan jejak.

Pengejaran dan penangkapan RM berlangsung menegangkan bak film action. Selang empat jam mendapat laporan penembakan yang terjadi di Perumahan Puri Kencana Karah, Kecamatan Jambangan, polisi bisa membekuk pelaku.

Pengejaran itu dilakukan Tim Resmob Satreskrim dan Satlantas Polrestabes Surabaya dipimpin langsung oleh Kasatreskrim AKBP Sudamiran dan Kasubnit Resmob Iptu Irwan Nugroho.

"Pengejaran itu kami lakukan setelah memperoleh keterangan saksi di TKP. Dari itu kita berhasil identifikasi nopol dan jenis mobil pelaku," sebut Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Rudi Setiawan, Rabu (14/3/2018) malam.

Setelah berhasil mengidentifikasi, mobil pelaku terdeteksi melintas di Jalan Ahmad Yani, sekitaran Bundaran Waru, menuju pusat kota Surabaya. AKBP Sudamiran dan Iptu Irwan akhirnya menghadang mobil pelaku tepat di depan KFC Ahmad Yani.

Saat anggota turun, pelaku bukannya malah berhenti dan menyerah, tapi malah memacu mobilnya dan berusaha menabrak anggota yang menghadang.

Pengejaran kemudian dilanjutkan. Pelaku melintas di depan Royal Plasa kemudian putar balik sebelum jembatan layang Mayangkara, Wonokromo. Pelaku kembali memacu mobilnya di Jalan Ahmad Yani ke arah luar Bundaran Waru.

"Anggota kami bisa menempel mobil pelaku hingga Bundaran Waru," beber Rudi.

Di Bundaran Waru inilah, pelaku akhirnya menyerah setelah mobilnya terkepung oleh mobil AKBP Sudarmiran, mobil Iptu Irwan dan sejumlah motor anggota Satlantas. Setelah terkepung, Tim Resmob menodongkan senjata mereka ke arah pelaku. Pelaku akhirnya angkat tangan dan menyerah.

"Kami amankan pelaku sekitar pukul 21.00 Wib. Setelah itu kami bawa ke kantor bersama mobilnya dan senjata laras panjang miliknya," ungkap Rudi.

Rudi mengapresiasi kinerja timnya yang dengan cepat berhasil membekuk pelaku. Sebab, dari laporan pukul 16.45 Wib yang diterima, timnya berhasil melakukan penangkapan sekitar pukul 21.00 Wib.

"Bagi anggota yang berprestasi, yang menjalankan tugasnya dengan baik, tentu akan kita beri reward. Jika sebaliknya, kalau ada anggota yang nakal, pasti kami berikan sanksi," pungkasnya.

Reporter: Narendra Bakrie
Editor: Budi Sugiharto

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter