Pilpres 2019, Siap Kalah Terhormat Menang Bermartabat?

Editor: Budi Sugiharto / Reporter: Farizal Tito

jatimnow.com — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Timur menggelar deklarasi kampanye damai Pileg maupun Pilpres 2019 di Hotel Majapahit, Surabaya, Minggu (23/9/2018) malam.

Pada hari pertama masa kampanye ini, Bawaslu Jatim mengusung tagline "Kalah Terhormat Menang Bermartabat”.  Dengan harapan proses pemilu 2019 berjalan lancar.

Dalam acara dihadiri jajaran pengurus partai politik di Jatim, tim pemenangan dua pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden di Jatim, jajaran Forpimda hingga KPU Jatim.

Ketua Bawaslu Jatim, Mohammad Amin menghaarapkan  seluruh tim kandidat dapat menjalankan tahapan dan aturan yang ada saat masa kampanye.

“Semua kandidat tidak hanya mematuhi peraturan yang berlaku. Melainkan memulai keberhasilan dari bagaimana kita mengawali. Maka di hari kampanye ini kita berharap kepada seluruh partai politik untuk memulai komitmen," tegas Mohammad Amin.

Selain itu, pemilu di tahun 2019 diharapkan bisa menjadi sebuah proses pembelajaran berdemokrasi bagi masyarakat di Jawa Timur. Di antaranya, melalui komitmen menolak money politik, penyebaran berita hoax dan politisasi Sara.

"Melalui proses pemilu yang baik, maka akan sekaligus melahirkan pemimpin yang baik pula. Serta, sekaligus mengajari pemilih untuk tanpa pamrih," tegasnya.

Selain itu acara tersebut juga diisi dengan acara pembukaan payung secara bersama, pembacaan tiga butir deklarasi. Serta, penandatanganan komitmen Deklarasi "Kalah Terhormat, Menang Bermartabat".

Wakil Ketua Tim Pemenangan Tingkat Daerah Pasangan Joko Widodo-KH. Ma'ruf Amin, Dr Freddy Purnomo menyatakan dekalarasi damai yang dilakukan Panwaslu Jatim ini sebagai langkah awal yang baik untuk mencari pemimpin baik dengan cara yang bermartabat.

"Tadi kami duduk bersama-sama ya dengan tim kampanye nomer dua. Dalam diskusi itu kita juga sepakat apapun pilihan kita tetep kita jaga rasa harmoni (kebersamaan). Bagaimanapun kedua pasangan ini adalah negarawan, kita harus memberikan suasana. damai, kita harus memberikan contoh pada publik apapun pilihannya nanti," ujar Fredy Purnomo.

Ketua Tim Pemenangan Tingkat Daerah Pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga, Soepriyatno menyatakan semua harus mengawal pemilu berjalan damai demi keutuhan NKRI.

"Kita ingin ada kedamaian ketenangan, jangan sampai masyarakat kita yang lagi susah ini kita makin terpuruk. Kita kepingin adu program sampai ke masyarakat apa yang harus kita lakukan," ujar Soepriyatno.

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter