Kereta LRT tanpa Masinis Siap Diuji Coba April 2019

Editor: Erwin Yohanes / Reporter: Mita Kusuma

Rangkaian LRT yang belum dikirim

jatimnow.com - PT Industri Kereta Api (INKA) Madiun sudah mulai mengerjakan 31 Kereta Light Rail Transit (LRT) tanpa masinis pesanan PT Kereta Api Indonesia (KAI) September lalu. LRT ini diperuntukkan di Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi (Jabodebek)

Direktur utama PT INKA, Budi Noviantoro, menjelaskan, sesuai kontrak dengan PT KAI ada 31 LRT seharga Rp 3.9 M. "Ya kalau sesuai kontrak sebesar itu (Rp 3.9 M)," kata Budi kepada jatimnow.com, Rabu (3/10/2018).

Ia mengaku, setelah kontrak kemarin, PT INKA langsung membuat. Dan saat ini posisinya, sudah jadi 1 trainset, yang terdiri dari 6 gerbong.

"Kalau body keretanya sudah jadi. Yang penting kan itunya. Sudah jadi 1 trainset," katanya.

Menurutnya jika sesuai kesepakatan, nantinya LRT tanpa masinis ditarget April 2019 sudah diuji coba. "April 2019 kami sudah kirim dan kami uji coba," ujarnya.

Nantinya, pengiriman akan bertahap. Setiap pengiriman 4 trainset sampai genap 31 trainset sesuai dengan kontrak.

Sementara, ketika ditanya apa keunggulan LRT Jabodebek kali ini? Budi menjawab, kereta LRT lebih canggih. Selain tidak bermasinis, namun juga bisa berjalan 100 km/jam.

"Dari segi desain, ada penyempurnaan lebih baik dari LRT yang sebelumnya. Kereta LRT tanpa masinis termasuk jenis kereta medium speed, maksimal kecepatan bisa 100 km/jam," pungkasnya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter