Menjelang Tahun Baru, Ribuan Botol Miras dan Narkoba Dimusnahkan


JEMBER:: jatimnow.com – Ribuan botol minuman keras (miras), narkoba dan obat-obatan dimusnahkan di Mapolres Jember, Kamis (28/12/2017). Pemusnahan itu merupakan salah satu bentuk keseriusan pihak kepolisian dalam memberantas narkoba dan miras, terutama menjelang dan pada saat tahun baru 2018.

Pemusnahan itu dilakukan dengan cara dilindas alat berat dan dibakar. Pada saat itu, hadir pula Bupati Jember dr Faida MMR, Ketua MUI Jember Halim Subahar, serta Forkopimda dan sejumlah tokoh masyarakat.

Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo mengatakan semua barang bukti yang dimusnahkan kali ini merupakan hasil penindakan operasi Sikat Semeru 2017 dan Cipta Kondisi menjelang tahun baru 2018. Setidaknya ada sebanyak 5.758 botol, Sabu-sabu 9,90 Gram, Ganja 1 Kilogram, dan Obat Keras Berbahaya (Okerbaya) sebanyak 3.257 butir.

“Setiap menjelang tahun baru atau pada saat malam tahun baru, biasanya identik dengan Narkoba dan Miras. Makanya kami nanti gencar menggelar operasi, supaya malam pergantian tahun nanti tidak ada lagi pesta-pesta miras apalagi narkoba,” kata Kusworo kepada wartawan seuisai pemusnahan.

Dari barang bukti itu, lanjut dia, pihaknya sudah menangkap 237 tersangka dan sudah diproses hukum. Ia berkomitmen untuk selalu menciptakan situasi yang kondusif menjelang akhir tahun 2017 ini.  

Menurut Kusworo, barang bukti yang dimusnahkan kali ini mengalami kenaikan sekitar 18 persen dibanding tahun sebelumnya. Hal itu menunjukkan bahwa sinergitas antara polisi, TNI, Forkopimda, dan tokoh masyarakat di Jember berjalan dengan baik. “Jadi tidak ada istilah pembiaran. Semuanya kita libas,” tegasnya.

Oleh karena itu, dia menghimbau kepada masyarakat untuk segera melaporkan apabila ada peredaran miras apalagi narkoba di wilayah Jember. Sebab, mereka berjanji untuk menindak tegas para pelaku tersebut.

Sementara itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jember, Halim Subahar mengapresiasi positif pemusnahan miras dan narkoba itu. Bahkan, ia meminta supaya semua pihak selalu bergandeng tangan dan bersinergi dalam memberantas miras dan narkoba.

“Kita selamatkan generasi muda dari bahaya Narkoba dan Miras,” harapnya.

(Redaksi)

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter