Warga Ramai-ramai Berburu Ikan Mabuk di Rolak


Seorang warga dengan hasil ikan tangkapannya

SURABAYA:: jatimnow.com- Puluhan warga ramai-ramai berburu ikan mabuk di Rolak Wonokromo atau di sekitar pintu Dam Ngagel Darmokali, Surabaya, Kamis (28/12/2017). Dengan peralatan seadanya, warga pun sangat girang menangkap ikan mabuk itu.

Ada yang menangkap ikan mabuk itu dengan tangan dan banyak juga yang menangkap dengan jaring. Anak-anak hingga dewasa seakan berlomba-lomba menangkap ikan yang tak berdaya itu.

Imam, salah satu warga yang menangkap ikan mabuk itu mengatakan ada beberapa ikan mabuk mulai pukul 11.30 WIB. Setelah itu, semakin banyak ikan yang mabuk, sehingga banyak warga yang tertarik untuk menangkapnya.

“Karena ini siang hari mabuknya, biasanya sebentar, ini saja sudah mulai habis. Tapi kalau awal mabuknya malam hari, pasti lama dan banyak yang mati,” kata Imam kepada jatimnow.com di lokasi.

Menurut Imam, ikan mabuk kali ini baru pertama di musim penghujan. Biasanya kalau musim penghujan sering ada ikan mabuk karena diduga ada pabrik yang membuang limbahnya. “Tapi, ini pertama kalinya di musim penghujan kali ini,” ujarnya.

Fatimah, seorang ibu yang mengikuti suaminya menangkap ikan mabuk itu mengaku ada empat jenis ikan yang mabuk, yaitu Nila, Keting, Rengkik, dan Mujahir. Sebagian besar warga yang menangkap ikan mabuk itu berhasil mengumpulkan 20-30 kilogram ikan.  

“Tadi sudah ada yang dijual kepada para pengendara, ini sekarang saya kumpulkan untuk dikonsumsi atau dimakan sendiri,” ujarnya sambil tersenyum.

 

(AM/Redaksi)

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter