Harga Anjlok, Petani Olah Bawang Merah Mentah Jadi Bawang Goreng

Editor: Erwin Yohanes / Reporter: Mahfud Hidayatullah

jatimnow.com - Harga bawang merah anjlok di pasaran. Hal ini membuat sejumlah petani mencari inisiatif untuk mengurangi kerugiannya. Salah satu caranya yakni dengan cara menjadikan bawang merah goreng.

Hal ini dikatakan oleh salah petani bawang merah asal Desa Watuwungkuk, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo, Riko Wibowo. Dia mengaku, saat ini harga bawang merah di pasaran tergolong murah. Perkilogramnya hanya berkisar, Rp 5.000 hingga Rp 9.000.

"Harga itu sangat tidak menguntungkan petani. Sebab hasil yang diperoleh tidak sebanding dengan biaya modal tanam," katanya, Minggu (6/10/2018).

Agar petani bisa memperoleh keuntungan dan terhindar dari kerugian, Riko memilih untuk mengolah bawang merah mentah menjadi bawang goreng.

Namun dengan upaya pengolahan bawang merah mentah menjadi bawang goreng, Riko mengaku membutuhkan biaya pengupasan dan penggorengannya.

"Namun ketika dihitung masih ada hasil. Sehingga hasil panen tidak rugi. Dalam perkilogramnya bawang goreng saya jual seharga Rp 40 ribu," ujarnya.

Hal senada juga dikatakan oleh warga lainnya, Rahmat. Dia mengaku, kalau saat ini harga bawang memang murah.

"Sehingga petani harus mengelola lagi menjadi bawang goreng," terangnya.

Sebab, jika petani memaksakan untuk menjual bawang merah mentahnya, maka petani sulit mendapatkan keuntungan.

"Maka hanya ada dua solusi untuk bisa terhindar kerugian, petani bawang merah harus merubah menjadi bawang goreng dan menunda penjualan," ungkapnya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter