Gunung Meranti Terbakar, Bagaimana Mengatasinya?

Editor: Budi Sugiharto / Reporter: Irul Hamdani

Foto: Winny Marlina

jatimnow.com - Kebakaran hutan melanda kawasan Gunung Meranti di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso. Kebakaran disebut mulai terjadi pada Minggu (7/10/2018).

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, mengatakan bila kebakaran sudah menghanguskan sekitar 10 hektar lahan alang-alang. Lokasi kebakaran berada di wilayah Bondowoso.

"Semoga tidak menjalar ke wilayah Banyuwangi," jelasnya kepada media, Selasa (9/10/2018).

Sejauh ini titik api masih sangat jauh dari permukiman. Penanganan juga sulit dilakukan karena harus melewati jurang dan tebing yang tinggi.

Tim gabungan dari BPBD Banyuwangi, Pos Pemantau Gunung Api (PPGA) Ijen, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) bersiaga di Pos Paltuding Kawah Ijen.

"Tim gabungan bersiaga untuk lakukan pemantauan dan antisipasi," tambahnya.

Hingga berita ini ditulis, api dilaporkan belum padam. Tim masih melakukan penahanan api agar tidak menjalar kepemukiman dengan cara memotong kayu untuk menahan laju bara api.

"Tim masih terus bekerja," pungkasnya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter