Mencicipi Segarnya Sari Buah Belimbing, Oleh-oleh Khas Tulungagung

Editor: Erwin Yohanes / Reporter: Bramanta Pamungkas

Hasil karya Puji Astuti, sari buah belimbing.

jatimnow.com - Berawal dari hasil produksi buah belimbing yang melimpah, Puji Astuti, warga Desa Jarakan, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung, berinovasi dengan membuat minuman sari belimbing.

Hasil produksinya saat ini bahkan sudah menembus pasar sejumlah kota di wilayah Jawa Timur dan menjadi salah satu ikon oleh-oleh khas Tulungagung.

Ditemui di rumahnya, Puji Astuti menuturkan, produksi minuman sari belimbing ini sudah dirintis sejak tahun 2015 lalu. Saat itu dia dan suaminya memasok kebutuhan buah belimbing untuk sejumlah swalayan.

Namun hanya buah belimbing dengan berat tertentu yang bisa masuk ke swalayan. "Hanya buah belimbing berukuran besar saja yang bisa masuk, sedangkan untuk ukuran kecil banyak terbuang," ujarnya, Senin (15/10/2018).

Puji kemudian berpikir untuk menjadikan buah belimbing berukuran kecil menjadi olahan makanan atau minuman.

Setelah mendapatkan pelatihan dari Dinas Koperasi dan UMKM setempat, Puji kemudian mulai mencoba membuat minuman sari buah belimbing.

Namun proses tersebut tidaklah mudah. Butuh waktu selama setahun bagi Puji untuk menemukan rasa yang tepat.

"Kita hanya menggunakan jenis buah belimbing bangkok saja, karena memiliki warna dan rasa yang lebih manis dibanding lainnya," jelasnya.

Karakter buah belimbing yang kurang memiliki warna dan rasa kuat, menjadi tantangan tersendiri bagi Puji.

Untuk mendapatkam warna dan rasa yang tepat, Puji mencampur buah belimbing yang masak dan setengah matang.

Warna kuning yang menarik didapatkan dari buah yang masak, sedangkan rasa masam khas belimbing diperoleh dari buah setengah matang. "Kombinasinya harus pas dan sesuai jika tidak rasanya tidak akan ketemu," imbuhnya.

Kini, Puji yang dibantu oleh empat orang karyawannya bisa memproduksi hingga 120 liter perharinya. Jumlah ini akan meningkat saat memasuki bulan Ramadhan.

Selain bisa menyegarkan tenggorokan seperti saat musim panas ini, minuman sari buah belimbing ini juga kaya akan manfaat. "Bisa untuk menurunkan kolesterol dan darah tinggi," pungkasnya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter