Masjid Super Berdiri di Mapolda Jatim, Ini Asal-Usulnya


Masjid Arif Nurul Huda di Mapolda Jatim yang super itu

SURABAYA:: jatimnow.com- Masjid di lingkungan Markas Polda Jatim berdiri megah dan indah. Bagaimana cerita pembangunan masjid yang super itu?

Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin membocorkan rahasianya disaat pengajian, dzikir serta semaan Al Quran yang diikuti ratusan personel TNI dan Polri serta pegawai negeri sipil (PNS) di Jawa Timur pada Kamis (28/12/2017) malam.

Menurutnya, ia saat pertama kali menjabat kapolda cukup kaget melihat suasana Salat Jumat di masjid lama Polda Jatim.

"Saya kaget. Kok jumatan di bawah tenda, di jalan beraspal," kenang dia.

"Saya sedih, saya prihatin. Nggak pantas lah. Saya yakin dan mampu membangun masjid yang megah," sambungnya dengan suara bergetar.

Usai menunaikan Salat Jumat, ia pun lantas bertanya ke Waka Polda mengenai ketersediaan lahan yang masih kosong di markas yang berada di Jl Ahmad Yani, Surabaya tersebut.

Kemudian Irjen Pol Machfud Arifin diantar ke lahan yang lokasinya di belakang gedung sentra pelayanan kepolisian terpadu (SPKT) Polda Jatim.

"Saya ditunjukkan ke rawa-rawa ini. Saya merenung sejenak. Dan saya ukur sana-sini. Saya yakin, bahwa tempat ini cocok dibangun masjid," jelasnya.

Menurut Irjen Pol Machfud Arifin, proses persiapan pembangunan masjid berjalan. Tepatnya pada 8 Februari, dilakukan peletakan batu pertama masjid dua lantai itu.

Masjid yang kaya desain dan arsitektur moderen ini diberi nama Arif Nurul Huda. Keindahan dari luar maupun dalam sangat terlihat. Selain itu desainnya kental ala Timur Tengah.



Di bagian depan masjid terdapat kolam ikan yang sudah didesain ciamik. Begitupula taman yang mengepung masjid yang hampir 100 % rampung ini sungguh menakjubkan. Pohon Kurma yang mengitari masjid akan menjadikan kawasan masjid ini juga bisa menjadi wisata religi.

"Harapan saya paling lama sebulan lagi sudah selesai, pembangunannya," kata Irjen Pol Machfud Arifin.

Ia berharap kehadiran Masjid Arif Nurul Huda ini juga bermanfaat tidak hanya bagi anggota Polda Jatim, namun juga masyarakat umum yang akan menunaikan ibadah.

Sebelum pengajian, saat ditemui Irjen Pol Machfud Arifi mengungkapkan jika dirinya mengawal langsung proyek pembangunan masjid yang wow ini.

"Saya turun sendiri, tamanannya saya tunggui, tiap hari saya lihat. Pokoknya harus sempurna agar Umat Islam yang ibadah semakin khusuk dan kerasan," katanya.

Doa dan Semaan Al Quran itu digelar dalam rangka syukuran mendekati rampungnya pembangunan Masjid Arif Nurul Huda.

Kegiatan pengajian dan Semaan Al Quran tersebut digelar mulai pagi hingga malam. Dalam acara tersebut juga dihadiri Waka Polda Jatim, pejabat utama Polda Jatim serta ratusan anggota Polri.

Juga hadir Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman, Kasgartab Surabaya, anggota TNI AD, TNI AL, TNI AU.Semaan Al Quran dipimpin Irjen Pol (Purn) Untung S Rajab, yang juga mantan Kapolda Jatim.

"Kita tidak henti-hentinya memanjatkan puja dan puji syukur atas rahmat Allah SWT, sehingga pembangunan Masjid Arif Nurul Huda ini selesai," kata Irjen Pol Machfud Arifin saat memberikan sambutan.

Sementara Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman sangat mengapresiasi Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin yang membangun masjid megah.

"Bagus sekali," ujar ujarnya.

Kegiatan Semaan Al Quran ini membuat kapolda terharu. Karena anggota TNI, Polri, PNS kompak dan khusuk memanjatkan doa untuk kebaikan bersama, untuk Jawa Timur dan Bangsa Indonesia.

"Ini membuat sangat terharu. Ada Pangdam, ada Kasgartab, hadir dengan pasukannya. Ini menunjukkan persatuan kita,"  katanya.

(redaksi)

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter