Pixel Code jatimnow.com

Ini 3 Pesan Wagub Gus Ipul di Hari Santri

Editor : Arif Ardianto Reporter : Jajeli Rois
Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf
Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf

jatimnow.com - Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mempunyai pesan bagi santri yang hari ini 22 Oktober bertepatan dengan Hari Santri.

"Kami tentu sangat bahagia dan bersyukur, Presiden Jokowi telah menetapkan 22 Oktober sebagai Hari Santri. Setiap 22 Oktober, gairah santri dimanapun berada untuk memperingatinya sungguh luar biasa," kata Gus Ipul kepada wartawan di ruang kerja Wakil Gubernur Jatim, Jalan Pahlawan, Surabaya, Senin (22/10/2018).

Gus Ipul mengatakan, ada semacam momentum untuk memperkuat peran santri di tengah-tengah masyarakat. Katanya, ada tiga yang paling pokok pesan yang disampaikannya di Hari Santri.

"Pertama, santri mengajinya harus tetap mempeng (tekun). Baik pada saat di pondok, atau di madrasah-madrasah sampai setelah lulus nantinya," ujarnya.

Kedua, Cinta tanah air. Katanya, santri didik mulai dari awal untuk bisa ikut menjaga negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Mencintai tanah air ini dengan sungguh dan sebenar-benarnya, tidak setengah-setengah. Kalau Indonesia maju, santri ya juga ikut maju. Kalau Indonesia susah, santri juga ikut susah. Maka oleh karena itu, santri harus cinta tanah air," katanya.

Ketiga, yakni bagaimana  memperkuat peran santri di bidang ekonomi.

"Kita menyambut baik Presiden Jokowi yang melaunching satu program yang luar biasa yakni BLK (balai latihan kerja) yang akan ditempatkan di lingkungan pondok pesantren," terangnya.

Presiden Jokowi kata Gus Ipul, ingin memperkuat pendidikan keterampilan di  pesantren.

"Jadi harapannya nanti santri itu paham agama dengan baik, berakhlaq, punya cukup ilmu, menguasai teknologi dan juga punya keterampilan. Itulah santri zaman now, yang diharapkan nanti bisa lebih berperan khususnya di bidang ekonomi," jelasnya.





Baca juga:
Hakim Kabulkan Sidang Offline Mas Bechi, Begini Tanggapan Penasihat Hukum