Pixel Code jatimnow.com

Wagub Gus Ipul Minta Pemkab dan Pemkot Dukung Program BLK di Pesantren

Editor : Arif Ardianto Reporter : Jajeli Rois
Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf
Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf

jatimnow.com - Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf atau Gus Ipul meminta pemerintah daerah mulai provinsi, kabupaten dan kota, untuk mendukung program Presiden Jokowi yakni, mendirikan balai latihan kerja (BLK) di pondok pesantren. BLK tersebut untuk memperkuat pendidikan keterampilan di pondok pesantren.

"Pemerintah yang ada di provinsi maupun kabupaten dan kota, hendaknya bisa menyambut baik program pak Presiden, dengan mengambil inisiatif, proaktif, mungkin membantu di bidang anggaran dan juga bisa regulasi maupun menyiapkan SDM (sumber daya manusia) yang handal, sehingga balai latihan untuk santri ini bisa berjalan efektif," kata Wagub Jatim Saifullah Yusuf kepada wartawan di ruang kerja Wakil Gubernur Jawa Timur, Jalan Pahlawan, Surabaya, Senin (22/10/2018).

Gus Ipul menceritakan pertemuannya dengan ekonom Rhenald Kasali di Banyuwangi beberapa hari lalu. Dalam pertemuan tersebut, Gus Ipul menanyakan peran apa bagi santri di era sekarang ini.

"Kata beliau, di bidang ekonomi santri bisa ikut menjadi penggerak kemajuan BUMDes (badan usaha milik desa). Jadi misalnya pada saat santri kerja nyata di tengah masyarakat, bisa memiliki ilmu dan keteramilan yang didapa di pondok pesantren. Bisa ikut mendorong menggerakkan dan bisa mencarikan akses supaya BUMDes maju dan perekonomian di pedesaan maju," tuturnya.

Jika perekonomian di pedesaan maju, maka akan dapat mempersempit kesenjangan.

"Saya kira ini harus ditindaklanjuti oleh para santri, bagaimana ikut memperkuat perekonomian ummat," jelasnya.







Baca juga:
Video: Eks Jamaah Islamiyah Deklarasi Kembali Setia pada NKRI