Gendam Berkedok Pengobatan Alternatif Incar Ibu-ibu di Trenggalek

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Arry Saputra

Tersangka saat berada di Mapolda Jatim

jatimnow.com - Polisi mengamankan tukang gendam berkedok pengobatan alternatif di Trenggalek. Pelaku ditangkap lantaran telah menipu dan membawa kabur perhiasan korbannya.

Berbekal baju koko dan berpenampilan layaknya kiai, Ahmad Fauzi (43) warga Pasuruan ini bergentayangan mencari ibu-ibu di wilayah Trenggalek.


Kasubdit III Jatanras Ditreskrimsus Polda Jatim, AKBP Leonard M Sinambela mengatakan,  target pelaku dalam melancarkan aksi gendamnya adalah para ibu yang memakai perhiasan.

"Kebanyakan korbannya yakni wanita setengah baya yang menggunakan perhiasan,"ujar Leonard saat rilis di Mapolda Jatim, Jumat (26/10/2018).

Dalam Aksinya, lanjut Leonard, tersangka menghampir korban yang sedang berjalan. Tersangka kemudian menghampiri korban dan menanyakan kepada korba apa punya penyakit, kemudian korban diajak masuk kedalam mobil. Sementara, didalam mobil telah menunggu dua orang laki-laki yang memakai jubbah putih dan sorban putih.

"Korban diajak salaman dan diberitahu bahwa korban akan diberi jimat tolak balak dengan syarat perhiasan yang dikenakan oleh korban harus dilepas semua," lanjutnya.

Dengan tipu muslihat tersangka, korban akhirnya menyerahkan seluruh perhiasan yang dipakainya.

Lantas korban diberi bungkusan plastik warna hitam yang mana pada saat itu korban diberitahu bahwa kalung miliknya telah dijadikan satu dengan jimat yang dibungkus dalam plastik tersebut.

"Disaat korban membuka bungkusan jimat tersebut hanya berisi batu kerikil, biji makanan ringan dari melinjo dan uang Rp 2 ribu," Bebernya.

Dari hasil penangkapan polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa pakaian pelaku yang digunakan berpura pura menjadi kiai, 1 unit handphone merk Oppo warna hitam biru, sabuk hitam, tas selempang hitam, dan 1 buah kopyah hitam.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter