Belgian Blue, Sapi yang Wow

Editor: Budi Sugiharto / Reporter: Arif Ardianto

Sapi Belgian Blue

jatimnow.com - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman bangga saat melihat perkembangan Sapi Belgian Blue.

Jenis sapi unggul berbobot raksasa ini menjadi salah satu yang dipamerkan pada Kontes Ternak dan Panen Pedet terbesar di Indonesia yang digelar di Puspa Agro, Sidoarjo, Minggu (28/10/2018).

“Saya sangat senang sekali melihat perkembangan sapi-sapi Belgian Blue ini, tolong dijaga baik-baik kesehatannya,” ucap Menteri Amran.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dan sapi wow tersebut

Sejak dikembangbiakkan di Indonesia 2016 lalu, sapi jenis ras baru Belgian Blue yang saat ini dikembangkan oleh Kementan telah menunjukkan hasilnya.

Amran memimpikan jika sapi ini mampu dikembangkan sejuta ekor, maka persoalan daging sapi di Indonesia bisa selesai. Untuk mencapai visi tersebut, Kementan telah melakukan sejumlah langkah.

Sejak dihadirkannya Belgian Blue di Indonesia, Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH), I Ketut Diarmita menyampaikan bahwa sampai tanggal 26 Oktober 2018, telah ada 80 ekor kelahiran sapi Belgian Blue yang berhasil dikembangbiakkan, baik dari hasil Transfer Embrio (TE) maupun Inseminasi Buatan (IB).

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman

I Ketut berharap jumlah ini akan terus bertambah, dan akan lahir keturunan-keturunan Belgian Blue yang lebih banyak lagi di tahun depan.

Kementan menargetkan kelahiran 1.000 pedet Belgian Blue pada mendatang 2019 baik melalui Inseminasi Buatan maupun transfer embrio. Dengan demikian pedet-pedet Belgian Blue tersebut turut meramaikan keanekaragaman bangsa sapi di Indonesia.

"Hingga saat ini, sapi yang dilaporkan bunting dari hasil transfer embrio saat ini sudah ada 126 ekor, sedangkan sapi yang bunting dari hasil inseminasi buatan saat ini sebanyak 150 ekor," ungkap I Ketut, Sabtu (27/10/2018).

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman

Program pengembangan sapi jenis ras baru Belgian Blue ini merupakan instruksi dari Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman yang ditindaklanjuti oleh Dirjen PKH sebagai upaya pemenuhan kebutuhan daging dan bibit sapi unggul nasional.

Belgian Blue memang bukan sapi biasa. Pertambahan bobot badannya tinggi sekali, per hari bisa mencapai 1,2 - 1,6 Kg.

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter