Bus Penunjang Trem Siap Mengaspal di Surabaya, Ini Kehebatannya


Wali Kota Risma menjajal bus baru

SURABAYA:: jatimnow.com – Dinas Perhubungan Kota Surabaya mendatangkan bus baru bernama Suroboyo Bus ke Balai Kota Surabaya, Jumat (29/12/2017). Tiba di Balai Kota, Bus yang unik itu langsung dijajal oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini bersama Organisasi Perangkat Daerah(OPD). Mereka pun mencobanya menuju Jembatan Suroboyo.

Wali Kota Risma menjelaskan bus baru ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Harapannya, nanti akan membuat penumpang merasa nyaman selama berada di bus itu.

"Desain bus ini memiliki kelebihan, khususnya dibagian dalamnya yang memiliki fasilitas LED untuk informasi, full AC, serta tempat duduk yang terpisah khusus wanita, pria dan juga duduk untuk ibu hamil dan difabel," kata Wali Kota Risma di sela-sela menikmati bus baru itu.

Tak hanya itu, bus ini juga dilengkapi dengan camera CCTV di 12 titik yang bisa memantau langsung gerak gerik penumpang selama perjalanan.

"Bus ini juga terkoneksi langsung dengan Surabaya Intelejen Transportasi System (SiTS), jika bus mendekati traffic light, maka lampu hijau akan menyala jadi angkutan ini bebas hambatan," ungkapnya.

Risma juga menambahkan bus ini memiliki panjang 12 meter dan lebar 2,4 meter yang mampu menampung 67 penumpang.

"Jika berhenti di halte, bus ini bisa dinaik-turunkan agar memudahkan ibu hamil dan difabel bisa naik ke bus dengan suspensi yang dinaik-turunkan," ujarnya.

Suspensi terendah dalam Bus Suroboyo ini berjarak 25 centimeter dari aspal jalan. Sedangkan untuk suspensi saat jalan, bisa dinaikkan menjadi 32 centimeter agar tak kena speed trap.

Bus Suroboyo ini juga memiliki teknologi panic button yang mana ketika ada kebakaran, sekali ditombol secara otomatis pintu akan terbuka, aki serta mesin secara otomatis akan mati.

Selain itu, untuk kenyamanan penumpang, pintu bus akan terbuka secara otomatis, dan jika tangan penumpang mengenai sensor pintu, akan terbuka secara otomatis agar tidak terjepit, dan jika pintu belum tertutup semuanya, maka bus ini tidak akan berangkat.

 

(Redaksi)

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter