Vaksinasi Difteri Tahap Ketiga Digelar di Kota Mojokerto

Editor: Erwin Yohanes / Reporter: Khilmi Sabikhisma Jane

Petugas Dinas Kesehatan Kota Mojokerto saat melakukan vaksinasi/ Foto: Khilmi Sabikhisma Jane.

jatimnow.com - Outbreak respons immunization (ORI) difteri kembali digelar Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Mojokerto. Kali ini, imunisasi massal itu menyasar pada anak mulai usia 1-19 tahun atau usia sekolah mulai jenjang TK, SD, SMP, hingga SMA/SMK.

Romlah Handayani, Vaksinator dari Puskesmas Kranggan menjelaskan, vaksin-vaksin diberikan kepada siswa kelas I hingga VI selama putaran ketiga ini.

“Untuk kelas I SD diberikan vaksin DT (difteri-tetanus), sedangkan kelas II sampai VI vaksin TD (tetanus-difteri),” ujarnya, Jumat (2/11/2018).

Imunisasi ini kembali dilakukan di Kota Mojokerto, mengingat Kota Mojokerto beberapa saat lalu ditetapkan sebagai wilayah dengan kejadian luar biasa (KLB) difteri.

Hal itulah yang membuat vaksinasi ulang terhadap anak usia 1 hingga 19 tahun itu.

"Untuk imunisasi putaran kali ini merupakan tahap akhir dan semuanya diharapkan tuntas dalam satu bulan ini. Bagi siswa yang sakit dan izin tidak masuk ditunda dulu, nanti kalau sudah sehat akan menyusul imunisasi di sekolah lain," ungkapnya.

Berdasarkan catatan Dinas Kesehatan Kota Mojokerto, total anak usia 1 hingga 19 tahun yang menjadi sasaran vaksinasi kali ini mencapai 35 ribu jiwa. Jumlah tersebut tersebar di tiga wilayah kecamatan.

Untuk anak usia sekolah, lanjut Romlah, petugas secara bergiliran akan mendatangi lembaga pendidikan di Kota Mojokerto tersebut untuk melakukan vaksinasi.

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter