Kreatif, Polisi ini Kampanyekan Anti Hoax Lewat Lagu

Editor: Erwin Yohanes / Reporter: CF Glorian

Screenshot cuplikan Video Klip 'Pikir Lagi' ala Polres Blitar Kota

jatimnow.com - Ada saja cara yang dilakukan aparat kepolisian dalam kampanye lawan hoax. Selain melalui sosialisasi dan publikasi diberbagai media, pembuatan video klip dengan mengadopsi sebuah lagu juga menjadi pilihan.

Demikian halnya yang dilakukan oleh Polres Blitar Kota. Dengan mengubah lirik lagu dangdut 'Pikir Keri' yang juga dipopulerkan Via Vallen, petugas terlihat begitu asik berkampanye.

Di tangan petugas, lagu 'Pikir Keri' diubah dengan judul 'Pikir Lagi'. Lirik yang semula berisi tentang percintaan bahasa Jawa, diubah menjadi syair perang melawan hoax.

"Menurut saya, kampanye anti hoax menggunakan lagu lebih mudah dicerna dan diterima masyarakat. Dengan demikian, upaya menyampaikan pesan perang melawan hoax tersampaikan," kata Kapolres Blitar Kota AKBP Adewira Negara Siregar, Jumat (02/11/2018).

Ide kampanye anti hoax melalui video klip ini diinisasi oleh Kapolres Blitar Kota. Termasuk perubahan lirik dan konsep videonya.

Musik yang dipakai menggunakan aliran jaranan dangdut yang begitu tenar di Jawa Timur.

Dalam video klip tersebut, beberapa anggota dan pejabat utama kepolisian terlihat begitu santai dan menikmati kampanye itu.

Meskipun bisa dikatakan usia sebagian petugas sudah cukup senior, namun mereka tak begitu kesulitan jika menjadi rapper dadakan.

Video dengan durasi 3,49 detik ini kemudian diunggah di Youtube. Sejak diunggah pada tanggal 1 November 2018 video itu sudah ditonton lebih dari 1.500 penonton. Bisa dikatakan polisi sukses mengkampanyekan anti hoax lewat lagu ini.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter