Polisi Buru Pelaku Perusakan Puluhan Pompa Air Sawah di Ponorogo

Editor: Erwin Yohanes / Reporter: Mita Kusuma

Warga menunjukkan pompa air yang rusak di Ponorogo (Mita Kusuma/jatimnow.com)

jatimnow.com - Kasus perusakan mesin diesel/pompa air sawah di Mlarak diselidiki polisi. Termasuk, memburu siapa pelaku yang melakukan pengerusakan tersebut.

Kapolsek Mlarak, AKP Sudaroini mengatakan, saat ini pihaknya masih mempelajari motif pengerusakan 21 diesel yang terjadi di Desa Gontor, Desa Nglumpang, Desa Tegalsari dan Gandu, Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo.

“Kami masih mempelajarinya ini. Kok bisa hampir bersamaan pengerusakannya,” kata AKP Sudaroini, Kamis (8/11/2018).

Sejauh ini, lanjut ia, polisi masih akan mengumpulkan Kepala Desa Gontor, Nglumpang, Tegalsari dan Gandu. Termasuk mengumpulkan mereka yang dieselnya dirusak orang tak bertanggung jawab.

“Akan kami kumpulkan nanti. Kepala desa dan warga yang dieselnya dirusak orang misterius tersebut,” ujarnya.

Nanti, kades akan diminta data valid berapa diesel yang dirusak. Kemudian, diesel pertama yang rusak punya siapa.

Sementara untuk warga yang dirusak dieselnya juga akan ditanya. “Apakah mempunyai masalah pribadi dengan orang lain atau tidak,” katanya.

Dari situ, lanjut ia, pasti akan ketemu motif sebenarnya apa. Siapa yang melakukan pengerusakan diesel secara massal.

Di sisi lain, polisi juga melakukan berbagai cara agar tidak ada diesel yang dirusak kembali. Salah satunya menggalakkan penjagaan atau siskamling.

“Ini juga saya libatkan anggota Polsek Mlarak. Termasuk Babinsa dari Koramil Mlarak. Ya siapa tahu pas apesnya pelaku,” pungkasnya.

Sebelumnya, 21 diesel (pompa air) di Desa Gontor, Desa Nglumpang, Desa Tegalsari dan Gandu, Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo dirusak orang tak dikenal.

Hingga kini, siapa pelaku dan apa tujuan dari perusakan ini masih misterius. "Puluhan diesel (pompa air) di sawah dirusak orang yang tidak bertanggung jawab," kata Kades Gontor, Suroso Hadi, Rabu (7/11/2018).

Ia menjelaskan, kejadian misterius ini sudah berlangsung selama sepekan. Bermula dari salah satu diesel di Gontor rusak, kemudian merembet ke diesel lainnya dan desa lain.

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter