18 Persen Lagi Rampung, Tol Malang-Pandaan Segera Dioperasikan

Editor: Erwin Yohanes / Reporter: Avirista Midaada

Tol Malang - Pandaan yang akan beroperasi (Avirista Midaada / jatimnow.com)

jatimnow.com - Pengelola Tol Malang-Pandaan, PT Jasamarga Pandaan Malang optimis akan segera membuka jalan tol sepanjang 38,48 kilometer pada triwulan pertama tahun 2019 mendatang, meski pengerjaannya belum sepenuhnya usai.

Direktur Utama (Dirut) PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) Agus Purnomo mengatakan, hingga saat ini proses pengerjaan konstruksi jalan Tol Malang-Pandaan (Mapan) telah mencapai 82 persen.

"Untuk seksi 1, 2, dan 3 sudah mencapai 82 persen. Memang kami kejar untuk operasional itu. Jadi nantinya dari Surabaya menuju Malang atau Batu bisa keluar di Singosari," ujar ditemui jatimnow.com, Rabu (14/11/2018),

Dengan demikian, ia mengklaim waktu tempuh Surabaya-Malang, maupun sebaliknya bila biasanya memerlukan waktu tempuh 3-4 jam perjalanan, kini hanya menjadi 1 jam saja.

Menurutnya, Tol Mapan ini diprediksi akan membantu transportasi masyarakat meski bukan merupakan bagian dari proyek tol Trans Jawa.

Terlebih kala akhir pekan libur panjang, arus lalu lintas dari Pandaan, Kabupaten Pasuruan menuju Malang kerap mengalami kemacetan parah lantaran padatnya volume kendaraan.

Sebagai informasi, jalan Tol Mapan terdiri atas lima seksi, yakni seksi 1 di Pandaan-Purwodadi, seksi 2 di Purwodadi-Lawang, seksi 3 di Lawang-Singosari, seksi 4 di Singosari-Pakis, dan seksi 5 di Pakis-Malang. Nilai investasi dari jalan tol itu sendiri mencapai Rp 5,97 triliun.

Sebelumnya, Tol Mapan sudah digunakan secara fungsional pada saat libur Hari Raya Idul Fitri lalu.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter