Polisi Kantongi Identitas 'Pembuang' Sekarung KIP di Nginden

Editor: Arif ArdiantoNarendra Bakrie / Reporter:

Tumpukan KIP yang diamankan di Polrestabes Surabaya

jatimnow.com - Jumlah KIP (Kartu Indonesia Pintar) yang ditemukan Kardi (44) warga Nginden Jangkungan 1/20 Surabaya, sudah diketahui jumlah pastinya.

Yakni sebanyak 643 keping, dengan rincian untuk Kelurahan Gebang 220 keping dan untuk Kelurahan Keputih sebanyak 423 keping. Hal itu disampaikan Kapolsek Sukolilo, Kompol Ibrahim Gani.

Saat ditemui jatimnow.com di kantornya, Rabu (21/3/2018). Kompol Ibrahim mengatakan Perhitungan total itu selesai pada Selasa (20/3/2018) tengah malam. Dimana saat itu pihaknya mendatangkan Kardi, si penemu, Musjahidin, RT setempat, pihak kelurahan dan kecamatan.

Ditanya, apakah sudah ada titik terang siapa orang yang meninggalkan atau menyimpan 643 KIP itu? Ibrahim Gani menyebut, sudah ada orang yang dicurigainya.

"Sementara, KIP itu ditinggal oleh pemegangnya ke luar jawa, tepatnya di Bali. Jadi dugaan sementara, sekitar satu bulan ada di tempat laundry itu," beber Ibrahim.

Namun, Ibrahim menegaskan bakal meminta keterangan secara intensif orang yang dicurigai tersebut. Hal itu dilakukan untuk mendalami apakah orang yang dicurigai tersebut memang kelupaan atau ada unsur kesengajaan.

Sementara itu, berdasar keterangan warga sekitar, yang mengaku bernama Kiki,  bahwa pihak kepolisian sudah mendapat laporan dari beberapa warga terkait identitas yang dicurigai tersebut.

"Saya tidak bisa menyebutkan namanya, namun rumah peletak karung KIP tersebut ya berada di sekitar laundry itu," beber Kiki yang sejak awal ditemukan terus mendampingi Ketua RT setempat.  

Terkait tahun distribusi ratusan KIP itu, informasi yang diterima jatimnow.com seharusnya KIP-KIP itu didistribusikan tahun 2014. Namun Ibrahim menegaskan jika pada 643 KIP itu tertera tahun 2016. Sehingga dugaan sementara, KIP itu untuk distribusi tahun 2016.

"Karung berisi ratusan KIP itu, ditinggal selama satu bulan di tempat laundry itu," tandas Ibrahim.

Reporter: Narendra Bakrie
Editor: Arif Ardianto

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter