Kawah Ijen Keluarkan Gas Beracun, 200 Warga Dievakuasi

Editor: Budi Sugiharto / Reporter:

Kawah Ijen/foto: istimewa

jatimnow.com - Gas beracun yang diduga berasal dari Gunung Ijen yang berada di perbatasan Banyuwangi dan Bondowoso pada Rabu (21/3/2018) malam keluar.

Akibat terpapar gas berbau belerang, warga di perkampungan yang tinggal di lereng Gunung Ijen yaitu Dusun Margahayu, Watu Capil dan Curah Macan , Desa Sempol, Kecamatan Ijen, Bondowoso telah diungsikan.

"Hingga pagi jam lima kami sudah selesai mengevakuasi di zona bahaya, ada 200 orang yang kita evakuasi," kata Winarto, Kabid Pencegahan, Kesiapan dan Kedaruratan BPBD Bondowoso, Kamis (22/3/2018) pagi.

Ada tiga titik lokasi pengungsian yang disiapkan untuk menampung para pengungsi yang berasal dari tiga dusun di lereng Gunung Ijen tersebut.

"Ada di puskesmas Kecamatan Ijen, rumah warga dan masjid yang kita anggap aman," kata Winarto.

Warga, kata Winarto, ada 30 orang yang terdampak. 2 dirujuk di RS Bondowoso dan 24 dirawat di puskesmas Kecamatan Ijen dan sisanya dirawat di Kecamatan Tlogosari.

"Mereka mengalami pusing dan mual," katanya.

Informasi yang dihimpun, paparan gas tersebut sangat terasa di Kecamatan Sempol dan Kalianyar.

Reporter: Irul Hamdani
Editor: Budi Sugiharto

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter