KPU Tulungagung Gelar Sosialisasi bagi Penyandang Disabilitas

Editor: Erwin Yohanes / Reporter: Bramanta Pamungkas

Kelompok Penyandang Disabilitas di Tulungagung mendapatkan penjelasan terkait pemilu tahun 2019

jatimnow.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tulungagung menggelar sosialisasi pelaksanaan Pemilu 2019 mendatang kepada sejumlah penyandang disabilitas. Profil partai politik peserta pemilu 2019 serta pasangan Capres dan Cawapres dikenalkan kepada kelompok yang memiliki kekurangan fisik tersebut.

Mustofa, komisioner KPU Tulungagung mengatakan kelompok penyandang disabilitas merupakan salah satu kelompok yang termasuk dalam sasaran sosialisasi.

Sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT) terdapat 1.864 penyandang disabilitas yang bisa menggunakan hak pilihnya pada pemilu tahun depan.

"Sosialiasasi ini juga digelar untuk meningkatkan parsitipasi masyarakat dalam pemilu mendatang. Mereka juga berhak untuk mendapatkan sosialisasi seperti kelompok umum lainnya," ujarnya, Kamis (29/11/2018)

Dalam sosialisasi ini KPU juga berkomitmen untuk menyiapkan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ramah bagi penyandang disabilitas. Meja yang berada di dalam bilik suara akan disesuaikan dengan para penyandang disabilitas agar mereka tidak kesusahan saat mencoblos.


Selain itu tenaga pendamping bagi mereka juga disiapkan di setiap TPS. "Termasuk template bagi penyandang tuna netra juga disiapkan agar mereka lebih mudah mencoblos," imbuhnya.

Adanya sosialisasi ini disambut hangat oleh para penyandang disabilitas. Didik Prayitno, Ketua Persatuan Cacat Tubuh (Percatu) Tulungagung mengaku kelompoknya sangat antusias untuk mengikuti dan menyukseskan pemilu tahun depan.

Mereka dipastikan akan menggunakan hak pilihnya dalam pemilu tersebut. "Dengan sosialisasi ini kami lebih mengerti profil partai atupun sosok calon presiden dan calon wakil presiden yang akan kami pilih," kata Didik.

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter