Burung Gagak Jadi Alat Penipu Agar Korban Bertemu Nyai Roro Kidul

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Arry Saputra

AKBP Leonard Sinambela (tengah) dan AKP Aldy Sulaeman (kiri) menunjukkan barang bukti penipuan

jatimnow.com - Setelah ditangkap dan diperiksa intensif, modus penipuan Rp 2,3 Miliar yang dilakukan DG, kiai gadungan dan komplotannya terhadap NC, warga Blitar, akhirnya terbongkar. Burung gagak hingga minyak khusus menjadi sarana mereka meyakinkan korban.

"Oleh DG yang mengaku sebagai kiai, korban disuruh menyetor uang secara bertahap untuk proses ritual," beber Kasubdit Jatanras, Ditreskrimum Polda Jatim, AKBP Leonard Sinambela, Sabtu (1/12/2018).

Dari keterangan pelaku, selain sebagai sarana menggandakan uang korban, juga berfungsi agar korban bisa bertemu dengan Nyai Roro Kidul. Tahapan ritual yang dilakukan DG itu, terus dituruti korban. Sebab korban saat itu dalam suasana kebingungan karena uang ratusan juga rupiah yang dipinjam temannya tak kunjung kembali.

Baca juga:  Dijanjikan Bertemu Nyai Roro Kidul, Warga Blitar Tertipu Miliaran

"DG mengklaim bisa menggandakan uang korban menjadi Rp 70 miliar dan mempertemukan korban dengan Nyai Roro Kidul," ungkap mantan Kasatreskrim Polrestabes Surabaya ini.

Lanjut Leonard, saat ritual, DG meminta korban meletakkan uang di sebuah kotak yang sudah disediakan oleh DG dengan janji selama korban menjalani ritual uang di kotak akan bertambah banyak. "Korban ini dilarang membuka kotak itu dan harus membayar hingga puluhan juta rupiah," sambungnya.

Alumnus AKPOL tahun 2000 ini menambahkan, DG meminta uang kepada korban dengan alasan untuk membeli Burung Gagak senilai Rp 50 juta dan minyak khusus seharga Rp 80 juta. DG meminta korban untuk melakukan ritual itu berkali-kali dan wajib menyerahkan uangnya terlebih dahulu. Ritual berulang itu diminta DG agar korban bisa bertemu Nyai Roro Kidul dan uangnya bertambah.

"Agar korban yakin, DG menyerahkan mobil pribadinya beserta surat-surat kendaraan sebagai jaminannya," pungkas Leonard.

Diketahui sebelumnya, NC melapor ke Polda Jatim setelah uang Rp 2,3 miliar miliknya dibawa kabur DG dan tiga anggotanya. NC kepincut dengan janji-janji 4 orang yang baru dikenalnya itu karena ingin uangnya bertambah dan bisa bertemu dengan Nyai Roro Kidul. Setelah dapat laporan, Polda Jatim menangkap DG dan MS. Sedangkan dua pelaku lainnya masih diburu.

 

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter