KM Gerbang Samudra Terbakar, Nahkoda dan 2 Kadet Hilang

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Farizal Tito

Proses evakuasi penumpang KM Gerbang Samudra I yang terbakar di Karang Jamuang

jatimnow.com - Kapal Motor (KM) Gerbang Samudra I terbakar di perairan Karang Jamuang, Minggu (2/12/2018). 145 penumpang berhasil diselamatkan, 3 lainnya hilang.

"3 orang masih dalam pencarian," sebut Satrio Nuridanto, Komandan Tim Basarnas Surabaya, ditemui wartawan di Gapura Surya Nusantara (GSN) Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Menurut Satrio, 3 orang yang hilang tersebut adalah nahkoda kapal dan 2 kadet. KM Gerbang Samudra I yang terbakar itu sendiri berangkat berlayar menuju ke Banjarmasin. "Kapal itu berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya sekitar pukul 02.00 Wib," bebernya.

Satrio menambahkan, setelah mendapat informasi, pihaknya bergerak ke titik terbakarnya kapal dan berhasil mengevakuasi sebanyak 145 orang penumpang. Para penumpang itu kemudian diangkut menggunakan KM Kumala menuju ke Pelabuhan Tanjung Perak.

KM Gerbang Samudra I itu diketahui terbakar pada titik koordinat 06° 35' S 112° 54' E pada kondisi cuaca cerah. "145 penumpang sudah berada di GSN Pelabuhan Tanjung Perak dan sudah dibawa ke Hotel Pacifik, Jalan Perak Timur, Surabaya untuk proses pendataan," tambah Satrio.

145 penumpang yang dievakusi melalui KM Kumala itu, terdiri dari 81 dewasa, 5 orang anak-anak dan 2 balita. Evakuasi dilakukan pukul 02.00 hingga 03.00 Wib.

Proses evakuasi penumpang kapal yang terbakar tersebut dilakukan oleh tim gabungan dari Tim SAR Surabaya, Syahbandar Tanjugg Perak, Polisi air (Polair) Tanjung Perak, tim Kementerian Kelautan, dan Perikanan (KKP) dan RS PHC.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter