Warga Kali Jagir Surabaya Ketiban Rejeki Ikan Mabuk

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Farizal Tito

Warga di sekitar Kali Jagir Wonokromo, Surabaya menjual ikan mabuk hasil tangkapan mereka

jatimnow.com - Warga di sekitar Kali Jagir, Wonokromo, Surabaya ramai-ramai menuju bantaran sungai. Mereka ketiban rejeki dengan menjaring ikan-ikan yang mabuk dan mengambang di sekitar pintu air sungai tersebut.

Ikan-ikan mabuk itu diketahui warga di bantaran sungai sejak Selasa (4/12/2018) pukul 11.30 Wib. Dengan peralatan seadanya, warga masih sibuk mengumpulkan ikan-ikan yang teler tersebut.

Dari pantauan jatimnow.com, anak-anak hingga dewasa nampak ceria saat menjaring ikan-ikan itu. Mereka mengeluarkan 'senjata' mereka, baik jaring maupun ember. Seperti yang dilakukan Wahyudi, salah satu warga di sana. "Awalnhya sedikit, tapi lama-lama semakin banyak. Akhirnya warga di sini menyerbu," ungkapnya.

Wahyudi mengatakan, jika ikan mabuk terlihat pada siang hari, biasanya hanya sebentar. Namun, jika mabuknya malam hari, pasti lama dan banyak yang mati. "Ikan mabuk ini sudah sering terjadi terutama ketika awal musim penghujan seperti sekarang," bebernya.

Tapi, sejak dua pekan musim penghujan tahun 2018 ini datang, Wahyudi menyebut baru kali ini ikan mabuk terlihat.

Tidak hanya Wahyudi. Farisa, yang saat itu mengikuti suaminya menangkap ikan mabuk, mengaku jika hasil tangkapan suaminya sebanyak 5 kg. "Ada ikan Bader, Nila, Mujahir dan keting," terangnya.

Hasil tangkapan itupun, oleh Farisa dijual kepada para pengendara yang melintas di sekitar lokasi dengan harga Rp 5 ribu per kilogram. "Ini tadi saya sudah menjual sekitar 5 kg," tambahnya.

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter