Janda-janda di Pasuruan Sulap Limbah Kardus Jadi Kerajinan Cantik

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Mochamad Rois

Karya kerajinan ibu-ibu janda di Pasuruan

jatimnow.com - Tak mau berpangku tangan meskipun hidup tanpa dampingan suami, para janda-janda di Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan ini, terus berkarya demi kehidupan yang lebih baik. Salah satunya melalui kerajinan limbah kardus.

"Ide ini lahir karna banyak limbah kardus terbuang percuma di komplek Arbain ini. Akhirnya, kami berfikir bagaimana kalau limbah itu dibuat kerajinan tangan yang memiliki nilai jual," jelas Yuli Ambarwati (47), pembina kerajinan tangan komplek perumahan Arbain, Jalan Layur, Kecamatan Bangil. Rabu (5/12/2018).

Terhitung ada 20 orang janda yang dikaryakan dalam pembuatan kerajinan tangan ini. Hasilnya pun tak mengecewakan, dalam tempo empat bulan berkarya, kerajinan tangan para janda di komplek perumahan Arbain ini laris manis.

"Produk kreatif dari ibu-ibu janda banyak diminati masyarakat. Utamanya dari luar Pasuruan," ujar Yuli Ambarwati.

Adapun jenis produk olahan limbah kardus yang dihasilkan dari tangan kreatif ibu-ibu janda disini, ada kotak tisu, hiasan tempat air minum gelasan, kaligrafi, hiasan dinding, dan hard case untuk toples sampai jam dinding.

Selain bentuknya bagus, untuk harga pun terbilang ekonomis, berkisar di antara 10 sampai 20 ribu rupiah.

"Pemkab Pasuruan sudah merespon atas karya kreatif para ibu-ibu janda ini. Rencananya karya kreatif ini akan dibawa ke pameran-pameran ditingkat Provinsi," pungkas Yuli.










Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter