Kiai Sepuh NU KH Sholeh Qosim Wafat Dalam Posisi Sujud


KH Sholeh Qosim bersama Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin.

jatimnow.com - Warga Jatim khususnya warga Nahdlatul Ulama (NU) berduka. Salah seorang ulama sepuh yang kharismatik pengasuh Pondok Pesantren Al Ismailiyah, Ngelom, Sepanjang, Sidoarjo, KH Sholeh Qosim wafat Kamis (10/5/2018) pukul 18.00 Wib di rumah duka.

Gus Ahmad Miftah Haque cucu KH Sholeh Qosim saat dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. Ia menyatakan, kakeknya tadi pagi masih bisa mengikuti kegiatan Jatman di Jombang.

Bahkan, sore hari sudah kembali ke kediaman dan melaksanakan salat Ashar di Masjid Ponpes Al Ismailiyah.

Namun, saat masuk waktu Maghrib, kata Gus Mif, almarhum salat Maghrib di rumahnya. KH Sholeh Qosim tak kunjung beranjak dari tempat sholat sehingga Tholiah, bibi Gus Mif berusaha masuk ke kamar untuk melihat.

“Saat ditemukan, almarhum wafat dalam posisi sujud,” ujar cucu KH Sholeh Qosim putra dari Gus Khusnul Sholeh.

Oleh pihak keluarga, almarhum kemudian dibawa ke dokter. “Kami atas nama keluarga besar KH Sholeh Qosim dan Ponpes Al Ismailiyah Ngelom, Sepanjang, Sidoarjo mohon maaf yang sebesar-besarnya jika almarhum memiliki khilaf dan salah,” katanya.

Sesuai rencana keluarga, almarhum akan dimakamkan usai sholat Jumat (11/5/2018). “Masih menunggu keluarga, Insya Allah akan dimakamkan besok usai sholat Jumat,” ujar cucu KH Sholeh Qosim ini.

Terpisah, Ketua PCNU Kota Surabaya, Dr Muhibbin Zuhri juga membenarkan bahwa KH Sholeh Qosim telah berpulang ke Rahmatullah di rumah kediaman.

“Innalillahi Wa Inna Ilaihi Raji’un telah berpulang ke Rahmatullah, Syaikuna KH Sholeh Qosim Ngelom, Sepanjang, Sidoarjo, petang ini waktu Maghrib. Semoga Allah SWT memuliakan beliau di sisi-Nya, Amin,” pungkas Gus Muhibbin.

Penulis/Editor: Erwin Yohanes

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter