Kawanan Hiu Tutul Muncul di Perairan Pasuruan, Pertanda Apa?

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Moch Rois

Hiu Tutul menampakkan diri di Perairan Pasuruan

jatimnow.com - Kawanan Hiu Tutul menampakkan diri di Perairan Pasuruan dalam beberapa hari ini. Hiu berjumlah 6 hingga 9 ekor itu terlihat sekitar satu mil dari bibir pantai.

Munculnya hiu-hiu itu ternyata sudah tidak asing lagi bagi nelayan di Pasuruan. Bahkan para nelayan menganggap, kemunculan hiu-hiu itu bisa mendatangkan rijeki terutama bagi pemilik perahu.

"Kalau hiu tutul ini muncul, tandanya air laut sedang dingin dan anginnya agak kencang," ucap Abdul Rokhim, Nelayan Pelabuhan Kota Pasuruan, Rabu (26/12/2018).

Sekali waktu, tambah Rokhim, ada saja orang yang menyewa perahu untuk melihat ikan raksasa yang jinak dengan manusia ini. "Kedatangan Hiu Tutul ini tergantung fenomena alam," ungkapnya.

Meskipun hiu-hiu itu menampakkan diri di perairan dangkal, Rokhim dan nelayan lain mengaku tidak terganggu. Sebab munculnya ikan dilindungi itu justru bisa dijadikan wahana liburan.

Sementara itu, AKP Poerlaksono, Kasat Polair Polres Pasuruan mengungkapkan, kawanan Hiu Tutul itu sudah datang ke perairan Pasuruan sejak pekan kemarin. Adapun satu kelompok hiu yang terpantau pihaknya, berjumlah 6 sampai 9 ekor.

Poerlaksono sendiri tak paham kapan saja waktu munculnya hiu-hiu tersebut. Yang pasti pihaknya terus melakukan patroli sekaligus mengimbau para nelayan agar ikut melindungi ikan-ikan raksasa itu.

"Hiu Tutul ini masuk daftar hewan yang dilindungi negara. Siapa saja yang menangkap, menjaring atau membunuh, bisa diproses hukum. Oleh karena itu, kami terus melakukan sosialisasi dan imbauan," tegas Poerlaksono.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter