Pixel Code jatimnow.com

Sepanjang Tahun 2018, Penerbitan 127 Paspor di Blitar Ditolak

Editor : Narendra Bakrie Reporter : CF Glorian
Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Blitar, Muhammad Akram (kiri)
Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Blitar, Muhammad Akram (kiri)

jatimnow.com - Hingga akhir tahun 2018, Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas II Blitar masih menolak penerbitan 127 paspor yang diajukan para pemohon.

Para pemohon yang ditangguhkan permohonannya karena diduga hendak bekerja ke luar negeri lewat jalur non prosedural. Kecurigaan itu didapat melalui prosedur wawancara yang dilakukan petugas imigrasi kepada para pemohon.

"Alasannya ingin menengok keluarga di luar negeri. Tapi kami punya tatacara interview sendiri. Sehingga menurut keyakinan petugas kami, mereka hendak jadi TKI non prosedural," ungkap Kepala Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas II Blitar, Muhammad Akram, Senin (31/12/2018).

Akram menjelaskan, penolakan itu dilakukan untuk mencegah TKI ilegal termasuk terjadinya perdagangan manusia di luar negeri.

Baca juga:
Kasus Kewarganegaraan Ganda WN Australia di Surabaya, Ini Kata Pakar Hukum

Sementara berdasarkan rekap data yang telah dilakukan, Kanim Kelas II Blitar telah menerbitkan 25.939 Paspor bagi para pemohon di Tulungagung, Kabupaten serta Kota Blitar.

Selain itu ada 6 warga negara asing (WNA) yang tercatat telah ditindak Kanim Kelas II Blitar. Satu diantaranya dipenjara setelah terbukti melanggar dokumen keimigrasian.

Baca juga:
Permintaan Paspor di Imigrasi Kediri Naik 312 Persen, Mau Pergi Kemana?

"Lima WNA lainnya sudah kami deportasi. Sementara satu WNA asal Pantai Gading juga sudah kami tindak dan kami lakukan pro justicia. Berdasarkan putusan hakim, WNA tersebut dipenjara selama satu tahun," tutup Akram.

Dirgahayu Ri 77 Bank Jatim

 

Peristiwa

Kasus PMK di Lamongan Terus Menurun

Kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kabupaten Lamongan mulai melandai. Selain angka kesembuhan, sejumlah kecamatan juga mulai terbebas dari momok PMK.