Hakim PN Bangil Bebaskan Terdakwa Anak dalam Kasus Begal Motor

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Moch Rois

Persidangan dengan terdkawa MCR di PN Bangil Pasuruan

jatimnow.com - Ketua Majelis Hakim Afif Januarsyah Saleh memutus bebas terdakwa MCR warga Dusun Sudan, Rt.5 Rw.1, Desa Wonosari, Kecamatan Wonorejo, Kabupaten Pasuruan.

Dalam persidangan anak yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Bangil, Pasuruan tersebut, MCR yang masih berusia 15 tahun dibebaskan dari dakwaan dalam kasus begal motor.

Dalam pertimbangannya, Hakim Afif menilai jika Jaksa Penuntut Umum (JPU kurang alat bukti. Meskipun jaksa sendiri telah menghadirkan tiga saksi. Yakni korban dan dua orang kawannya saat insiden pembegalan terjadi.

Hakim Afif berpendapat bahwa pada waktu kejadian, Sabtu (1/9/2018), sekitar pukul 23:30 Wib. Terdakwa sudah berada dirumahnya selepas menonton orkes di Desa Cendono, Kecamatan Purwosari.

Terdakwa meninggalkan Aminullah dan Sulaiman, yang tanpa disadarinya tengah merencanakan aksi pembegalan.

"Para saksi yang dihadirkan berpendapat tidak logis dan hanya didasarkan pada persangkaan, atau perkiraan saja. Maka, keterangan tersebut dikesampingkan, karena belum cukup membuktikan kesalahan terdakwa. Sehingga mustahil terdakwa melakukan pencurian dan membebaskannya dari segala tuntutan," kata hakim Afif, Senin (31/12/2018).

Mendengar putusan tersebut, para pendukung keluarga korban yang tidak terima langsung mengumpat dan membentangkan poster bernada protes kepada hakim saat persidangan telah usai. Beruntung, MCR tidak menjadi sasaran amuk pendukung keluarga korban.

Atas putusan hakim tersebut, jaksa Ngatmini dan Tia Gita Prastiwi, akan melakukan kasasi atas putusan tersebut.

"Tentunya kami akan lakukan kasasi," jelas jaksa Ngatmini seusai persidangan.

Dalam catatan jatimnow.com, Hakim PN Bangil, Afif Januarsyah Saleh, memutus tidak bersalah dua terdakwa kasus begal. Pertama pada 11 Desember 2018, atas nama Jaini (20), warga Desa Ngantungan, Kecamatan Pasrepan. Kedua, memutus bebas MCR.

 

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter